Press "Enter" to skip to content

Diduga Konseleting Listrik, Tujuh Rumah di Demak Ludes Terbakar

Mari berbagi

JoSS, DEMAK – Tujuh rumah warga Dukuh Krajan Lor RT 01/RW07 Kelurahan Desa Brambang, Kecamatan Karangawen Demak Jawa Tengah, ludes dilalap api, Selasa, (15/5) sekitar pukul 01.015 WIB pagi.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, tetapi kerugian material diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah.

Dari data yang terhimpun oleh Joss.co.id, api diduga berasal akibat konseleting listrik di salah satu rumah korban. Lantaran sebagian rumah terbuat dari kayu memudahkan api cepat menyambar rumah lainnya.

Salah satu saksi, Sukisno (43), menyampaikan, saat kejadian sempat mendengar suara tidak jelas kemudian keluar rumah melihat kobaran api yang berasal dari Romelah (60), kemudian sambil teriak minta tolong kepada warga.

“Setelah melihat api saya teriak minta tolong kepada warga, dan saya langung mendobrak pintu rumah ibu Romelah yang juga ibu mertua saya kebetulah tingga di rumah sendiri,” kata Sukisno kepada Joss.id, Senin, (15/5).

Setelah teriak minta tolong, lanjut Sukisno, banyak warga berbondong-bondong keluar rumah dan mencoba memadamkan api menggunakan air dengan alat seadanya seperti ember, tong dan lainnya. Sebagian warga membantu mengeluarkan barang-barang yang masih berharga yang masih diselamatkan di dalam rumah.

“Karena, rumah semuanya terbuat dari kayu sehingga warga sulit memadamkan api bahkan cepat merambat ke rumah tetangga,” jelasnya.

Sementara, Bayan Desa Kelurahan Brambang Kecamatan Karanganwen Demak, Hambali menyampaikan, tujuh rumah terbakar itu diantanya. Pertama, rumah milik, ibu Kharidatul Khasanah (23). Kedua, rumah milik Romelah (60). Ketiga, rumah milik Abdul Rozak (40). Kemempat, rumah milik Ngabdi (70). Kelima, rum,ah milik Kusrin (50). Keenam, rumah milik Nurokhim (29). Tujuh, rumah milik, Suratman (75).

“Dan satu lagi rumah milik Paiman, (50), namun hanya sebagian rumah yang terbakar. Untuk total kerugian sekitar 600  Juta,” ujarnya.

Adapun, saat kejadian dua mobil pemandam kebakaran (Damkar) unit Demak Karangawen dan unit Plamongan Indah Semarang dikerahkan serta dibantu TNI, Polsek setempat dan api baru bisa memadamkan sekitar pukul 05.00 WIB pagi.

Sementara itu, saat ini para koban sudah ditanggani pihak BPBD Demak dengan disediakan beberapa tenda darurat yang ditempatkan di lapangan sepakbola milik warga serta disedaiakan kebutuhan pokok sepeti sarimi dan lainnya. (Sdk/lna)

Jadi yang pertama berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

joss.co.id