Press "Enter" to skip to content

Waspadai Gelombang Tinggi di Perairan Jawa

Mari berbagi

JoSS, JAKARTA – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperingatkan cuaca buruk bakal melanda sejumlah wilayah di Indonesia dalam beberapa hari ke depan akibat Siklon Tropis Flamboyan,

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati  menjelaskan siklon ini telah memunculkan cuaca buruk, seperti hujan deras, angin kencang, dan puting beliung, belakangan ini dan beberapa hari ke depan.

Dia menambahkan siklon ini juga akan memberikan dampak pada peningkatan tinggi gelombang di beberapa wilayah perairan Indonesia. Untuk itu pihaknya mengimbau nelayan diminta waspadai kenaikan gelombang di wilayah perairan selatan Jawa.

Pertama, akan terjadi peningkatan tinggi gelombang Iaut dengan ketinggian 1,25 hingga 2,5 meter di perairan Bengkulu hingga barat Lampung, Selat Sunda bagian selatan, dan perairan Enggano.

“Selain cuaca buruk berupa hujan deras dan angin kencang di sejumlah daerah, terjadi juga gelombang Iaut dengan tinggi 2,5 hingga 4 meter di wilayah perairan selatan Jawa, Samudra Hindia, barat Lampung, hingga selatan Jawa,” ujarnya Minggu (29/4) seperti dikutip dari situs resmi BMKG.

Tumbuhnya siklon tropis Flamboyan di Samudra Hindia dan sekitar 1.345 kilometer barat daya Pulau Enggano atau 1.410 kilometer barat daya Bengkulu tersebut telah dipantau terjadi sejak 28 April 2018 sekitar pukul 19.00 WIB.

“Posisi siklon tropis Flamboyan berada di 8,6 Lintang Selatan dan 90,5 Bujur Timur dengan kecepatan angin maksimum 65 kilometer per jam (35 knot) dengan pergerakan ke arah barat, barat daya dengan kecepatan 9 kilometer per jam (5 knot) menjauhi wilayah Indonesia,” katanya

Dalam 24 jam ke depan, lanjutnya siklon ini masih memiliki kecenderungan peningkatan intensitasnya hingga mencapai kecepatan angin maksimum 85 kilometer per jam (45 knot). (lna)

Jadi yang pertama berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

joss.co.id