Pasien BPJS di RSUP Sardjito Kini Tak Perlu Mengantre

Mari berbagi

JoSS, JOGJA – Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr. Sardjito Yogyakarta mulai menerapkan pendaftaran pasien secara digital untuk mengurangi tingkat antrean layanan pasien Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

Direktur Utama RSUP Dr. Sardjito, Darwito mengatakan melalui sistem pendaftaran daring (online), pasien bisa langsung mendapatkan jadwal berobat. Sehingga pasien tidak perlu mengantre lama.

Selain mendapatkan jadwal berobat, melalui pendaftaran online tersebut pasien bisa langsung melihat daftar dokter yang menangani konsultasi dan pemeriksaan pasien sesuai dengan keluhannya.

“Jika biasanya, pasien harus mengantre dan menunggu sampai berjam-jam untuk daftar, kini tak perlu lagi mengantre, karena bisa mendaftar secara online pasien bisa langsung mendapatkan jadwal berobat, termasuk jadwal dokter yang menangani, “ katanya, Jumat (27/4).

Lebih lanjut dia menuturkan, Pasien BPJS Kesehatan tersebut dapat melakukan pendaftaran daring lewat Anjungan Pendaftaran Mandiri (APM). Mesin APM ini tersedia di rumah sakit.

Dalam pemaparannya terkait pendaftaran daring pasien BPJS Kesehatan, Darwito memperlihatkan mesin APM yang ada di RSUP Dr. Sardjito. Tampak lebih dari empat mesin APM berjejer.

“Tenang saja, bagi pasien yang baru pertama kali berobat tidak perlu bingung menggunakan mesin APM. Nanti ada petugas yang membantu Anda mengisi pendaftaran online-nya,” ujar Darwito.

Adanya mesin APM termasuk inovasi dari BPJS Kesehatan untuk mengurangi antrean pasien yang mendaftar. Saat ini, penggunaan mesin APM sudah mulai diterapkan pada hampir 500 rumah sakit, yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan.

Harapannya, pasien BPJS Kesehatan akan mampu mendaftar daring secara mandiri. “Lama-kelamaan, tanpa bantuan petugas, pasien bisa lebih mandiri buat daftar sendiri,” ujarnya. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*