Press "Enter" to skip to content

Becak Listrik Ala Jogja

Mari berbagi

JoSS, YOGYAKARTA − Becak, moda transportasi yang mengandalkan tenaga manusia bakal lebih manusiawi dengan selesainya prototype becak listrik karya Raden Sunarto, guru teknik listrik di SMK Piri I Yogyakarta.

Dengan becak listrik pengemudinya bisa berhemat tenaga, sehingga bisa menempuh jarak yang lebih jauh dan medan yang lebih berat dari yang sekarang bisa dilakukan. Hebatnya lagi hasil karya ‘wong’ Jogja ini, juga memakai energi matahari sehingga ramah lingkungan.

Tidak ada modifikasi rumit, kata Sunarto, sama seperti becak kebanyakan, cuma ada tambahan motor listrik, panel surya serta panel indikator untuk melihat jumlah cadangan energi.

Ide ini berawal saat dia diundang Kementerian Riset dan Teknologi pada 2012. “Saya lihat di Jogja masih banyak becak”, ujarnnya.

Becak listrik Jogja ini bisa melaju dengan kecepatan 20km/jam, energi baterainya 48 volt, pengisian 8 jam, kecepatan 20 km/jam dan jarak tempuh di malam hari bisa mencapai 40 km, sedangkan siang hari 60 km.

Kini becak listrik sudah beredar di kota gudeg. Inovasi Sunarto disewakan Rp50 ribu sampai Rp70 ribu seminggu.(dodo/awo)

Jadi yang pertama berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA TERKINI

Berita Terkini

joss.co.id