Jepang Butuh Banyak Tenaga Kerja Indonesia, Ini Alasannya

Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziyah dan Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Jepang untuk Indonesia, Yasushi Masaki, di Jakarta, Selasa (19 Maret 2024). (Foto: ANTARA/HO-Kemnaker)
Mari berbagi

JoSS, JAKARTA – Duta Besar Jepang untuk Indonesia Masaki Yasushi mengungkap alasan negaranya membuka banyak lowongan kerja bagi warga negara Indonesia. Masaki mengatakan Jepang sekarang sedang dilanda krisis tenaga kerja.

“Jepang benar-benar menghadapi masalah kekurangan tenaga kerja. Untungnya, Indonesia sangat aman di berbagai sektor, dan Anda sangat membantu perekonomian kami,” ujarnya saat konferensi pers di Kedutaan Besar Jepang, Jakarta Pusat pada Senin, 25 Maret 2024.

Perusahaan-perusahaan di Jepang menghadapi kekurangan tenaga kerja kronis, yang berkelindan dengan masalah bertambahnya jumlah tenaga kerja yang menua.

Awal 2023, pemerintah Jepang menggelontorkan dana sebesar ¥3,5 triliun untuk meningkatkan angka kelahiran dan mengatasi kekurangan tersebut, The Japan Times melaporkan pada Desember lalu.

Masaki mengatakan banyak orang Indonesia yang datang ke Jepang, mulai dari turis hingga pekerja terampil. Mereka bekerja di berbagai sektor seperti konstruksi, medis, pelayanan hingga perikanan.

“Sekarang pemerintah kami sedang mencoba memperluas sektor-sektor ini untuk menerima para pekerja terampil,” ujarnya, seperti dikutip dari Antara.

Dia menambahkan bahwa Jepang sangat menyambut orang Indonesia untuk bekerja di sana. Menurutnya, hal itu sama-sama menguntungkan bagi kedua belah pihak.

“Karena setelah beberapa tahun pengalaman di Jepang, mereka akan kembali ke sini dengan membawa keahlian. Dan itu dapat berkontribusi terhadap perekonomian Indonesia,” katanya.

Kedutaan Besar Jepang di Indonesia, katanya, berperan dalam hal ini. Mereka berupaya mempermudah kembalinya para pekerja terampil Indonesia dari Jepang untuk mencari pekerjaan lain di tanah air.

Dengan banyaknya perusahaan Jepang di Indonesia, Masaki menilai transisi tersebut akan lebih lancar, karena mereka yang kembali akan sangat diterima oleh perusahaan-perusahaan Jepang.

“Saya pikir pertukaran orang sangat penting bagi masa depan kedua negara kita,” ujar dia.

Untuk diketahui, Jepang adalah salah satu masyarakat yang menua paling cepat di dunia, dengan orang yang berusia 65 tahun atau lebih sekarang merupakan 28 persen dari populasi, menurut data PBB.

Kelahiran di Jepang turun menjadi kurang dari 800.000 untuk pertama kalinya tahun lalu, menurut data resmi, karena populasi usia kerja Jepang menyusut.

Hiroki Sasaki, atase tenaga kerja di kedutaan Jepang di Jakarta, memperkirakan hanya sekitar 130.000 dari 340.000 lowongan kerja keterampilan khusus di Jepang yang telah terisi.

“Tenaga kerja asing, oleh karena itu, menjadi semakin diperlukan,” katanya.

Per Desember 2022, ada lebih dari 16.000 orang Indonesia yang bekerja di bawah skema pekerja terampil khusus Jepang, jumlah tertinggi kedua setelah Vietnam.

Indonesia adalah negara terpadat keempat di dunia dengan sekitar 280 juta penduduk. Kamila Mansjur, kepala sekolah, mengatakan mengirim pekerja ke Jepang untuk merawat orang tua menguntungkan kedua negara.

“Di Indonesia setiap tahun kami mengalami pertambahan penduduk sekitar tiga juta jiwa. Namun di sini, kami memiliki tantangan sendiri yaitu kurangnya pekerjaan,” katanya. (lna)

 

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*