Hati Ayam, Superfood yang Menyimpan Segudang Manfaat

Ilustrasi hati ayam. (foto: freepik)
Mari berbagi

MESKIPUN sering dianggap sebagai bagian jeroan yang kurang sehat, hati ayam sebenarnya merupakan superfood yang kaya nutrisi penting untuk kesehatan.

Menurut WebMD, hati ayam mengandung banyak protein, zat besi, vitamin B, karbohidrat, fosfor, kalsium, kalium dan merupakan salah satu sumber vitamin A hewani terbaik.

Sama seperti daging, bagian hati ayam juga memiliki kandungan nutrisi lainnya berupa mineral dan vitamin yang esensial bagi tubuh. Mulai dari fosfor, vitamin B kompleks, hingga zat besi. Dibandingkan dengan makanan kaya protein lainnya, hati ayam termasuk lebih rendah kalori.

Pada 100 gram hati ayam, komposisi yang terkandung di dalamnya berupa 27.4 gram protein, 261 kal energi, 1.6 gram karbohidrat, 4.957 mcg vitamin A, 4.38 mg vitamin B2, dan 16.1 gram lemak. Selain itu, hati ayam juga mengandung 15.8 mg zat besi, 373 mg fosfor, 22.9 mg kalium, 169 mcg beta karoten, dan 118 mg kalsium. Dengan kandungan berbagai nutrisi tersebut, maka hati ayam dinilai baik untuk membantu memenuhi kebutuhan gizi harian.

Kandungan protein di hati ayam, memiliki kualitas yang baik serta mengandung berbagai jenis asam amino yang penting bagi tubuh. Selain itu, hati ayam juga mengandung zat besi dengan jenis heme iron yang dapat diserap oleh sel-sel dalam tubuh dengan cepat. Zat besi inilah yang membuat hati ayam semakin bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Berikut tujuh manfaat hati ayam untuk kesehatan tubuh:

  1. Meningkatkan Sel Darah Merah: Kaya akan vitamin B12, hati ayam membantu dalam pembentukan sel darah merah dan meningkatkan fungsi sel. Ini juga baik untuk sistem saraf dan metabolisme.
  2. Melawan Anemia: Kombinasi folat, zat besi, dan vitamin B dalam hati ayam efektif melawan anemia, mengatasi gejala seperti kelelahan dan rendahnya energi.
  3. Mendukung Kesuburan dan Kehamilan: Nutrisi dalam hati ayam seperti protein, zat besi, folat, dan kolin mendukung kesuburan dan perkembangan janin selama kehamilan.
  4. Menjaga Kesehatan Otot: Tinggi protein, hati ayam membantu memelihara massa otot, penting untuk pemulihan setelah berolahraga dan pertumbuhan anak-anak.
  5. Membantu Detoksifikasi: Vitamin B dalam hati ayam membantu detoksifikasi tubuh, menyaring limbah dan racun dari darah.
  6. Mendukung Fungsi Seluler: Kandungan nutrisi seperti vitamin B6, choline, biotin, dan folat dalam hati ayam mendukung metilasi dan fungsi seluler yang penting.
  7. Mencegah Peradangan: Sebagai sumber vitamin A, hati ayam membantu mengurangi peradangan dengan melawan kerusakan akibat radikal bebas.

Meskipun hati ayam memiliki banyak manfaat, konsumsi haruslah seimbang karena tingginya kolesterol dan risiko keracunan vitamin A jika dikonsumsi berlebihan. Sebaiknya, konsultasikan dengan dokter sebelum menambahkan hati ayam ke dalam pola makan harian Anda. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*