Viral Foto Firli Bahuri dengan SYL di Lapangan Badminton, KPK Serahkan Ke Dewas

Beredar foto pertemuan Firli Bahuri dengan Mentan SYL di lapangan bulutangkis (Foto: dok. Istimewa)
Mari berbagi

JoSS, JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menyerahkan masalah dugaan pertemuan antara Ketua KPK, Firli Bahuri, dengan mantan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL), dalam konteks isu pemerasan, kepada Dewan Pengawas (Dewas) KPK.

Ali Fikri, Kepala Bagian Pemberitaan KPK, menyatakan bahwa dugaan pertemuan tersebut telah dilaporkan kepada Dewas oleh pihak tertentu. Ia menekankan bahwa KPK menghargai proses yang akan berjalan terkait laporan ini.

“Dalam hal pelaporan dugaan pelanggaran etik yang dilakukan oleh pimpinan yang disampaikan oleh pihak-pihak kepada Dewas KPK, kami tentunya menghormati hak setiap masyarakat untuk menyampaikan aduan tersebut sebagai bagian dari kontrol sosial terhadap upaya-upaya pemberantasan korupsi yang dilakukan oleh KPK,” kata Ali melalui keterangan tertulis pada Jumat (6/10).

“Selain itu, kami juga menghormati proses pemeriksaan yang akan dilakukan oleh Dewas dengan cara yang profesional dan independen,” tambahnya.

Ali juga mengajak masyarakat untuk menunggu hasil pemeriksaan yang akan dilakukan oleh Dewas KPK dengan tidak memberikan opini yang dapat mengganggu efisiensi dan efektivitas upaya pemberantasan korupsi.

Baca Juga: Ketua KPK Firli Bahuri Bantah Tuduhan Pemerasan dalam Kasus Korupsi Kementerian Pertanian

Sebelumnya, Komite Mahasiswa Peduli Hukum melaporkan Firli Bahuri kepada Dewas KPK atas dugaan pelanggaran kode etik dan pedoman perilaku terkait dugaan pertemuan dengan SYL.

Koordinator Komite Mahasiswa Peduli Hukum, Febrianes, mencatat aturan internal KPK yang melarang anggota komisi bertemu dengan pihak yang sedang dalam proses hukum.

Dalam hal ini, SYL telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi di Kementerian Pertanian Republik Indonesia.

Febrianes menjelaskan, setiap anggota KPK dilarang mengadakan pertemuan langsung atau tidak langsung dengan tersangka, terdakwa, terpidana, atau pihak lain yang memiliki hubungan dengan perkara tindak pidana korupsi yang sedang ditangani KPK.

“Saat ini kan muncul informasi foto pertemuan pimpinan KPK dengan SYL di lapangan badminton. Dari informasi media online yang bisa diakses, pertemuan itu terjadi Desember 2022,” lanjutnya, dikutip dari CNNIndonesia.

Pertemuan antara Firli dan SYL yang terdokumentasikan dalam sebuah foto menjadi sorotan publik setelah muncul laporan mengenai dugaan pemerasan oleh pimpinan KPK terkait kasus korupsi di Kementerian Pertanian. Laporan tersebut saat ini sedang dalam tahap penyelidikan oleh Polda Metro Jaya. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*