Dishub Targetkan BRT Transjateng Gunakan Bahan Bakar Ramah lingkungan, Tiga Tahun Lagi  

Transjateng Ramah Lingkungan
upacara Harhubnas di halaman kantor Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Tengah, Jalan Siliwangi Semarang, Senin (18/9/2023) (Istimewa)
Mari berbagi

JoSS, SEMARANG – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah melalui Dinas Perhubungan menyiapkan angkutan aglomerasi berupa Bus Rapid Transit (BRT) TransJateng yang ramah lingkungan dan menggunakan bahan bakar gas atau energi listrik.

“Ke depan yang sangat kami harapkan adalah mengubah sistem BBM yang kami gunakan saat ini. Bisa menggunakan energi listrik atau mungkin energi gas atau mungkin yang lebih ramah lingkungan lagi,” kata Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jateng Henggar Budi Anggoro di Semarang, Selasa (19/9/2023).

Menurut dia, peralihan atau penggantian BRT TransJateng yang ramah lingkungan itu minimal bisa diwujudkan pada tiga tahun mendatang.

Terkait dengan BRT TransJateng yang ramah lingkungan, Dishub Jateng selalu komunikasi dengan Kementerian Perhubungan agar ke depan BRT bisa menggunakan bahan bakar gas. “BRT TransJateng saat ini, selalu kami tuntut yakni bagaimana bus-bus yang kami operasionalkan ini, senantiasa mampu di ambang batas, kaitannya dengan gas yang dikeluarkan,” ujarnya, seperti dikutip dari Antara.

Ia mengungkapkan kondisi BRT TransJateng secara umum saat ini masih bagus dan layak. Dengan armada bus yang berusia tua sekitar enam tahun yaitu BRT TransJateng rute Bawen-Tawang yang segera diganti baru.

“Pada BRT selalu dilakukan pengukuran saat uji berkala setiap enam bulan sekali, pengawasan dilakukan pada masing-masing bus. Hal tersebut yang selalu digalakkan di Balai Transportasi Jateng yang membidangi BRT,” kata dia.

Baca Juga: Aplikasi SiAnteng: Calon Penumpang Bisa Beli Tiket Hingga Cek Lokasi Bus Trans Jateng Real Time

Sekedar informasi, daam 6 bulan pertama tahun ini, Trans Jateng telah melayani sebanyak 23.672.113 penumpang sejak dioperasikan tahun 2013 hingga pertengahan 2023. Dari tujuh koridor yang ada, koridor Semarang-Bawen paling banyak penumpangnya.

Tujuh koridor BRT Trans Jateng terdiri atas Semarang-Bawen, Semarang-Kendal, Purwokerto-Purbalingga, Magelang-Purworejo, Solo-Sragen, Semarang-Grobogan, dan Solo-Wonogiri. Penumpang paling banyak berasal kalangan pelajar dan buruh.

“Sebanyak 23,6 juta penumpang itu meliputi kalangan umum, pelajar, buruh, dan veteran. Dua kalangan penumpang yang paling besar jumlahnya, yaitu pelajar atau anak-anak sekolah sama buruh,” kata Kepala Balai Transportasi Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Tengah, Agung Pramono, seperti dikutip dari Antara, Minggu (17/9/2023).

Tarif sekali jalan saat menumpang BRT Trans Jateng senilai Rp2.000 (pelajar, buruh, dan veteran) dan Rp4.000 bagi penumpang umum. Besaran tarif itu jauh lebih hemat dibandingkan menggunakan kendaraan pribadi.

Selain meringankan beban ekonomi masyarakat, keberadaan, lanjut dia, BRT Trans Jateng juga dapat mengurangi tingkat pemakaian kendaraan bermotor di jalan raya, mengurangi kemacetan lalu lintas, juga mengurangi angka kecelakaan dan polusi udara.

Dishub Jateng mengharapkan pemerintah kabupaten/kota bisa menyediakan feeder agar BRT Trans Jateng dapat menjangkau masyarakat hingga ke pelosok.

Sejauh ini, pada masing-masing koridor BRT Trans Jateng tersedia sebanyak 14 unit armada. Namun, khusus koridor Semarang-Bawen tersedia 28 unit armada karena tingginya minat penumpang.

“Koridor gemuk [padat penumpang] ya koridor Semarang-Bawen. Saat peak bisa 100 persen lebih. Saat off peak sekitar 70-80 persen. Di kisaran 85 persen,” katanya.

Jumlah penumpang pelajar pada BRT Trans Jateng koridor Semarang-Bawen tercatat 1.156.832 orang sejak 2017-2023. Di samping itu, penumpang buruh mencapai 978.330 orang dan veteran 2.276 orang.

Pada koridor Purwokerto-Purbalingga pada kurun waktu yang sama, jumlah penumpang pelajar tercatat 1.065.985 orang, buruh 547.609 orang, dan veteran 836 orang.

“Kami tahu, mereka [pelajar dan buruh] kan dalam kategori golongan menengah ke bawah. Kayak pelajar belum punya pendapatan, buruh pabrik yang segmennya pekerja keras, yang gajinya masih rata-rata UMR,” katanya. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*