Persiapan KTT ASEAN ke-43: Presiden Jokowi Akan Memimpin 12 Pertemuan di Jakarta

KTT ASEAN ke-43
Direktur Jenderal Kerja Sama ASEAN Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI, Sidharto R Suryodipuro, saat konferensi pers secara daring bertajuk “Road to KTT ASEAN ke-43” yang digelar Forum Merdeka Barat (FMB 9), di Jakarta, Jumat (11/8/2023).(asean2023.id)
Mari berbagi

JoSS, JAKARTA – Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia (Kemlu RI) mengumumkan persiapan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-43 yang akan berlangsung di Jakarta pada bulan September 2023.

Menurut Direktur Jenderal Kerja Sama ASEAN Kemlu RI, Sidharto R Suryodipuro, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan akan memimpin 12 pertemuan dalam KTT tersebut.

Sidharto R Suryodipuro menyatakan, “Presiden RI akan menjadi pemimpin dalam 12 pertemuan yang dijadwalkan berlangsung dari tanggal 5 hingga 7 September mendatang. Seluruh pertemuan ini akan diselenggarakan di Jakarta Convention Center (JCC).”

Dalam konferensi pers yang diadakan pada Jumat, 11 Agustus 2023, Sidharto menjelaskan bahwa beberapa pertemuan yang akan dipimpin oleh Presiden Jokowi meliputi Asean Summit dalam format plenary, Asean Summit dalam format retreat, Asean-China Summit ke-26, serta Asean-Republik Korea Summit ke-24.

Pertemuan lain yang akan dipimpin oleh Presiden Jokowi meliputi Asean-Japan Summit ke-26, Asean-US Summit ke-11, Asean-Kanada Summit, Asean Plus Three ke-26, Asean-India Summit ke-20, Asean-Australia Summit ke-3, East Asia Summit ke-18, dan Asean-United Nations Summit ke-13.

“Rangkaian KTT ini akan melibatkan berbagai pertemuan bilateral antara pemimpin yang hadir serta sejumlah kegiatan lainnya,” jelas Sidharto.

Baca Juga: Intip Spesifikasi BMW i7, Mobil Listrik Mewah yang Bakal Digunakan Para Pemimpin Negara di KTT ASEAN Plus

Selain pertemuan resmi, Presiden Jokowi juga akan memimpin beberapa kegiatan non-persidangan ASEAN, termasuk Pembukaan KTT ASEAN ke-43, Pembukaan Asean-IndoPacific Forum, Gala Dinner, Acara Sosial, dan Upacara Penutupan dengan penyerahan kepemimpinan ASEAN kepada Laos.

Menurut informasi lebih lanjut dari Sidharto, KTT ASEAN ke-43 dalam format plenary dan retreat akan digelar pada tanggal 5 September 2023. Pertemuan lebih lanjut dijadwalkan akan berlangsung pada tanggal 6 September 2023, dengan perkiraan kehadiran 27 pemimpin negara, baik dari anggota ASEAN maupun mitra.

Pada tanggal 7 September 2023, rangkaian acara akan mencapai puncaknya dengan East Asia Summit dan Asean Plus Three Summit, diakhiri dengan Konferensi Pers dari Presiden Jokowi.

Di sisi lain, persiapan KTT ASEAN ke-43 juga didukung oleh kehadiran 36 unit mobil listrik BMW i7 yang akan digunakan oleh para pemimpin negara. Menteri Sekretaris Negara, Pratikno, telah melakukan serah terima mobil-mobil listrik premium ini bersama dengan Senior Vice President Sales Region BMW Asia-Pacific, Eastern Europe, Middle East, dan Africa, Jean-Philippe Parain.

Pratikno menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas dukungan BMW dalam upaya mewujudkan pengembangan ekosistem kendaraan listrik regional. BMW i7 xDrive60 Gran Lusso, dengan teknologi BMW eDrive generasi kelima, akan menjadi salah satu dukungan penting dalam perhelatan KTT ASEAN.

Spesifikasi BMW i7 xDrive60 Gran Lusso mencakup kemampuan pengisian daya cepat 10-80 persen dalam 34 menit, output maksimum 400 kW, torsi hingga 745 Nm, dan kecepatan 0-100 km per jam dalam 4,7 detik. Dengan kapasitas baterai 101.7 kWh, mobil ini dapat menempuh jarak antara 590 hingga 625 km.

Kehadiran BMW i7 xDrive60 Gran Lusso juga membawa pengalaman hiburan premium bagi pemimpin negara, dengan fitur Bowers & Wilkins Diamond surround sound-system, layar teater 31,3 inci di bagian belakang, serta berbagai fasilitas hiburan lainnya.

Jean-Philippe Parain menyatakan kebanggaannya atas kolaborasi dengan Pemerintah Indonesia dalam mendukung acara internasional. Keterlibatan BMW dalam KTT ASEAN ke-43 merupakan langkah penting dalam mendorong transisi menuju energi baru dan terbarukan.

Dukungan BMW i7 xDrive60 Gran Lusso dan mobil listrik lainnya diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam menjalankan KTT ASEAN ke-43 yang akan menjadi platform penting bagi kerja sama regional dan pembangunan berkelanjutan. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*