Mentan Minta Penjadwalan Pemeriksaan KPK Ditunda hingga 27 Juni, KPK Tetapkan 19 Juni

Mentan KPK
Dokumentasi KPK
Mari berbagi

JoSS, JAKARTA – Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) dijadwalkan untuk memberikan keterangan kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Senin, 19 Juni. Hal ini merupakan pemanggilan yang ketiga bagi Syahrul oleh KPK.

Pemanggilan kedua yang semestinya dilakukan pada Jumat, 16 Juni, tidak dapat dilaksanakan oleh Syahrul karena ia harus menghadiri acara G20. Syahrul meminta penjadwalan ulang pemanggilan hingga 27 Juni, namun KPK menetapkan tanggal baru yaitu 19 Juni.

Ali Fikri, Kepala Bagian Pemberitaan KPK, menyatakan bahwa tim penyelidik akan segera mengirimkan kembali undangan kepada Syahrul untuk hadir pada Senin. KPK berharap dan yakin bahwa Syahrul akan hadir pada undangan tersebut.

“Permintaan keterangan tersebut sangat dibutuhkan agar kami dapat melakukan analisis dan menentukan langkah selanjutnya dalam proses penyelidikan ini,” jelas Ali, dalam keterangannya Jumat (16/6/2023).

Baca Juga: Dugaan Penyalahgunaan Dana di Kementan, Syahrul Yasin Limpo Dipanggil KPK Besok

Sebelumnya, Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron mengonfirmasi bahwa Menteri Syahrul Yasin Limpo meminta penjadwalan pemeriksaan ditunda hingga 27 Juni 2023. Alasan yang diberikan adalah keikutsertaannya dalam kegiatan G20 di India dan rencana kunjungan ke China dan Korea Selatan terkait kerjasama modernisasi pertanian dan ekspor produk pertanian.

KPK, di bawah pimpinan Ketua Firli Bahuri, telah membuka penyelidikan terkait dugaan korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan). Firli menegaskan bahwa KPK akan mengungkap semua dugaan korupsi yang terjadi di Kementan, dan bahwa lembaga ini bekerja secara profesional dan tidak terpengaruh oleh kepentingan politik.

Dalam perkembangan terkait kasus ini, beberapa pihak yang tidak disebutkan identitasnya juga telah dimintai klarifikasi oleh KPK. Meskipun demikian, Mentan Syahrul Yasin Limpo mengaku tidak mengerti terkait penyelidikan yang sedang dilakukan oleh KPK.

Kasus ini tetap menjadi sorotan publik, dan KPK berkomitmen untuk mengungkap semua dugaan korupsi yang terkait dengan Kementerian Pertanian. Selanjutnya, perkembangan kasus ini akan terus diinformasikan kepada publik. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*