Perolehan Emas SEA Games 2023 Lampaui Target Jokowi, Menpora Usulkan Tambahan Bonus 

Medali Emas Indonesia 2023
Indonesia berhasil meraih 70 emas (Tangkapan Layar Instagram Kemenpora)
Mari berbagi

JoSS, AMBON – Kontingen Indonesia di SEA Games 2023 hingga Minggu (14/5) malam telah mengantongi 70 medali emas yang berarti telah melampaui target dari Presiden Joko Widodo. Terkait hal itu, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo akan mengusulkan tambahan bonus bagi atlet yang meraih medali emas di SEA Games 2023 Kamboja kepada Presiden Jokowi.

“Saya akan usulkan ke Bapak Presiden, jika tembus target medali emas di atas 69 pasti kami akan memohon ke beliau, siapa tahu ada gerakan hati Pak Presiden,” kata Menpora, Senin (15/5/2023).

Ia mengatakan, tambahan bonus sampai hari ini masih mengacu pada aturan yang ditetapkan Kemenpora, yaitu jika perolehan medali emas melampaui target maka dimungkinkan ada bonus lain.

Saat pelepasan kontingen SEA Games 2023 Kamboja, Presiden Jokowi menargetkan perolehan medali emas di atas 69, jumlah tersebut meningkat dari target Kemenpora yakni 60 emas.

“Alhamdulillah per hari ini kita sudah melewati target perolehan 69 medali emas, jumlah ini melebihi target awal tim Kemenpora beserta akademisi dan KONI sebanyak 60 medali emas,” ujarnya, dikutip dari Antara.

Dito optimistis perolehan medali akan bertambah karena masih ada sejumlah pertandingan final untuk beberapa cabang olahraga.

Hingga saat ini, tim Indonesia di SEA Games 2023 Kamboja berhasil mengoleksi 70 medali emas setelah mendapat tambahan emas dari timnas PUBG Mobile INA 2 usai bertahan dengan sempurna di posisi pertama pada babak final.

Dalam upacara pelepasan kontingen Indonesia pada awal Mei, Jokowi menyebutkan target 69 emas pada ajang pesta olahraga Asia Tenggara. Target tersebut nyatanya bisa dilewati. Indonesia meraih emas ke-70 melalui tim e-sports yang turun di nomor PUBG.

Kepastian emas ke-70 tersebut secara resmi diperoleh pada Minggu (14/5) malam. Keunggulan telak Tim Indonesia 2 yang beranggotakan lima orang atas lawan-lawannya memastikan wakil Merah Putih itu meraih emas meski laga belum selesai.

Dengan raihan 70 emas, 60 perak, dan 80 perunggu, Indonesia kini mengungguli tuan rumah Kamboja yang harus puas berada di peringkat keempat dengan 65 emas, 61 perak dan 103 perunggu.

Sementara Vietnam menduduki peringkat pertama klasemen medali SEA Games 2023 dengan 107 emas, 90 perak, dan 94 perunggu. Thailand menyusul di peringkat kedua dengan koleksi 90 emas, 67 perak, dan 88 perunggu.

Selain tim e-sports, atlet-atlet lain yang meraih emas pada Minggu (14/5) adalah Janis Rosalita Suprianto dari cabang olahraga fin swimming, serta kuartet gulat yang turun di nomor berbeda yakni Lulut Gilang Saputra, Andika Sulaeman, Muhammad Aliansyah, dan Suparmanto.

Lifter Rizki Juniansyah dan Juliana Klarisa, petenis tunggal putra Rifqi Fitriadi, dan judoka Dewa Kadek Rama Warma juga meraih emas.

Sementara olahraga beregu yang menyumbang emas adalah bola basket putri dan Traditional Boat Race nomor 12 Crew putra 500 meter.

Sedangkan para peraih perak antara lain Aldila Sutjiadi/Jessy Rompies (tenis ganda putri), tim beregu campuran fin swimming 4x50m, Harvey Hubert Marcello (fin swimming 50m bi fins putra), dan Aldoms Suguro (tinju 54kg putra).

Peraih perunggu bagi tim Garuda pada Minggu (14/5) diantaranya Mohammad Yasin (gulat 67kg putra), Ressa Kania Dewi (fin swimming 50m bi fins putri), Kaisar Hansel Putra (fin swimming 500m bi fins putra), dan tim voli putri. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*