Kemenhub Kaji Kemungkinan Check-in Pesawat di Stasiun KA Bandara Soekarno Hatta

Kemenhub
Kemenhub kaji fasilitas Check-in pesawat di Bandara Soekarno-Hatta bisa dilakukan di stasiun. (Foto: Kemenhub)
Mari berbagi

JoSS, JAKARTA — Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sedang mengkaji rencana penyediaan fasilitas check-in pesawat di setiap stasiun yang dilalui oleh Kereta Api (KA) Bandara Soekarno-Hatta.

Hal itu diungkapkan Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, setelah melakukan tinjauan terhadap sarana dan prasarana perkeretaapian dari dan menuju Bandara Soekarno-Hatta pada Minggu (28/5/2023).

“Kami sedang mempertimbangkan bagaimana agar check-in tidak hanya dilakukan di bandara, tetapi juga bisa dilakukan di stasiun kereta api seperti Manggarai, di sini (Stasiun BNI City), atau tempat lain seperti Bekasi,” kata Menhub Budi saat ditemui di Stasiun BNI City, Jakarta Selatan, Minggu (28/5/2023).

Selain rencana penyediaan fasilitas check-in pesawat di stasiun kereta api, Kemenhub juga berencana menyediakan konter khusus untuk barang bawaan penumpang yang akan menggunakan moda transportasi KA Bandara maupun KRL. Dengan adanya konter khusus tersebut, barang-barang yang dibawa penumpang dapat dikumpulkan di satu tempat tanpa perlu repot membawanya sendiri.

“Nantinya, barang bawaan penumpang akan dikumpulkan di satu tempat sehingga mereka tidak perlu membawanya sendiri,” jelas Budi, dikutip dari kabar24.bisnis.com.

Wilayah Jakarta dan Tangerang saat ini memiliki empat stasiun yang menyediakan layanan KA Bandara Soekarno-Hatta. Keempat stasiun tersebut adalah Stasiun Manggarai, Stasiun BNI City, Stasiun Duri, dan Stasiun Batu Ceper.

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari laman resmi PT Railink, terdapat 40 perjalanan KA Bandara Soekarno-Hatta yang berangkat dari Stasiun Manggarai setiap harinya. Perjalanan pertama KA Bandara tersebut dimulai pukul 05.07 pagi, sedangkan perjalanan terakhir dioperasikan pada pukul 19.37. Waktu tempuh dari Stasiun Manggarai ke Stasiun KA Bandara Soekarno-Hatta diperkirakan sekitar 50 menit.

Sementara itu, waktu tempuh dari Stasiun KA Bandara BNI City ke Stasiun KA Bandara Soekarno-Hatta diperkirakan sekitar 47 menit. Sedangkan, waktu tempuh dari Stasiun KA Bandara Duri ke Stasiun KA Bandara Soekarno-Hatta diperkirakan sekitar 27 menit.

Rencana penyediaan fasilitas check-in pesawat di stasiun kereta api ini masih dalam tahap kajian oleh Kemenhub. Diharapkan, dengan adanya fasilitas ini, penumpang dapat lebih nyaman dan terhindar dari kerepotan saat melakukan perjalanan udara menggunakan KA Bandara Soekarno-Hatta. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*