Relokasi Ruas Jalan Salem – Banjarharjo di Brebes Selesai Dibangun

Relokasi ruas jalan salem
Perbaikan sekaligus relokasi ruas Jalan Salem-Banjarharjo, yang sebelumnya rusak akibat tanah longsor pada 2018 telah selesai. (Foto: Istimewa)
Mari berbagi

JoSS, BREBESDinas Pekerjaan Umum, Bina Marga, dan Cipta Karya Provinsi Jateng telah menyelesaikan perbaikan sekaligus relokasi ruas Jalan Salem – Banjarharjo, yang sebelumnya rusak akibat tanah longsor pada 2018.

Subkoordinator Jalan dan Jembatan Wilayah II Tegal-Brebes Dinas PU Binamarga dan Cipta Karya Jateng Rubiyanto mengatakan, jalan dalam kondisi siap dilalui masyarakat.

“Saat ini, ruas jalan provinsi di Desa Pasir Panjang, Kecamatan Salem, Brebes, dengan panjang jalan 4,8 kilometer ini sudah selesai dan pembangunannya tiga tahun sejak 2020-2022,” katanya, Kamis (12/1/2023).

Ia menjelaskan ruas jalan yang selesai diperbaiki itu memiliki lebar perkerasan 7 meter, tambahan kanan-kiri 1,5 meter dan saluran kanan-kiri dengan dimensi 80 centimeter.

“Total keseluruhan lebar jalan 7 meter, ditambah 1,5 meter, ditambah 1 meter kanan-kiri sehingga jumlahnya sekitar 12 meter,” ujarnya.

Saat ini, permukaan jalan sudah dibangun dan digunakan warga setelah direlokasi di ruas Bandungsari-Salem atau Kalibaya-Ciwindu Salem. Menurut dia, masyarakat tampak antusias memanfaatkan ruas jalan baru dan lebar itu.

Keberadaan jalan baru ini juga bermanfaat terhadap peningkatan ekonomi masyarakat sekitar, terbukti sejumlah warga mendirikan warung di sisi kanan-kiri jalan.

“Jalan ini juga untuk melangsungkan perekonomian warga dari pedesaan ke kota. Jalan ini juga banyak masyarakat yang mendirikan warung, yang kerja sama dengan Perhutani terutama ramainya saat sore hari karena di situ banyak warga rekreasi,” katanya.

Adapun dari sisi keamanan terhadap ancaman longsor, menurut Rubiyanto, jalur ini lebih aman karena berada di atas titik yang longsor pada 2018 sehingga jalan akan aman saat dilalui masyarakat.

“Sehingga, lebih aman dan tidak akan longsor lagi. Jalur ini juga menghubungkan Brebes-Cilacap, namun agak ekstrem di jalur bawah untuk tanjakan dan tikungan. Juga yang paling dekat penghubung Brebes-Cilacap,” ujarnya. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*