Dukung Pemulihan Pariwisata, Bandara Adisutjipto Kembali Buka Penerbangan Jogja-Bali

Mari berbagi

JoSS, SLEMAN – Sebagai bentuk dukungan pada pemulihan ekosistem pariwisata Jogja dan Bali, PT Angkasa Pura kembali membuka Bandar Udara Adisutjipto untuk melayani penerbangan langsung dengan rute Jogja-Bali mulai hari ini, Jumat (26/11/2021).

General Manager Bandar Udara Adisutjipto, Agus Pandu Purnama, menjelaskan perjalanan udara dari Bandara Adisutjipto Jogja menuju I Gusti Ngurah Rai Bali beroperasi setiap hari pukul 07.50 WIB dan 15.40 WIB dengan maskapai Wings Air.

“Perjalanan dari Jogja menuju Bali ditempuh kurang lebih 1 Jam 30 Menit,” katanya, Kamis (25/11/2021), seperti dikutip dari harianjogja.

Perjalanan udara Jogja-Bali ditempuh menggunakan pesawat baling-baling Tipe ATR yang berkapasitas kurang lebih 60 Orang. Menurutnya, Jogja dan Bali merupakan tujuan wisata yang popular bagi wisatawan domestic maupun mancanegara, sehingga perlu difasilitasi untuk pemulihan kembali pariwisata.

“Mudah-mudahan dengan tambahan rute menuju Bali melalui Bandara Adisutjipto, masyarakat yang sedang berada di Jogja tergerak lagi untuk kembali ke Bali sehingga dunia pariwisata Indonesia bisa semakin menggeliat,” ungkapnya.

Baca juga: Qatar Airways Targetkan Kembali Buka Penerbangan Doha-Bali 3 Kali Sehari

Sesuai dengan Ketentuan Perjalananan Udara SE Kemenhub No. 96 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri Dengan Transportasi Udara Pada Masa Pandemi, syarat perjalanan antar pulau Jawa dan Bali adalah menunjukkan kartu vaksinasi minimal dosis pertama dan hasil negatif PCR yang berlaku 3×24 Jam atau kartu vaksinasi minimal dosis kedua dan hasil negatif antigen yang berlaku 1×24 Jam.

Seperti diketahui, sejak Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) di Kulon Progo beroperasi secara penuh Maret 2020, sebagian besar penerbangan komersial pesawat jet di Bandara Adisutjipto (JOG) dipindahkan ke YIA.

Dengan beroperasi penuhnya YIA, terdapat 130 jadwal penerbangan domestik dan 8 jadwal penerbangan internasional Bandara Adisutjipto yang dipindahkan operasionalnya ke YIA, sehingga total terdapat 168 penerbangan yang beroperasi di YIA.

Sedangkan di Bandara Adisutjipto, terdapat penambahan penerbangan dengan pesawat baling-baling menjadi total 59 penerbangan dari 29 penerbangan dengan rute dari dan ke Bandung sebanyak 19 penerbangan (Citilink, Wings Air, Nam Air, dan Trans Nusa), Jakarta-Halim Perdanakusuma sebanyak 10 penerbangan (Citilink), Malang sebanyak 4 penerbangan (Citilink dan Trans Nusa), dan Surabaya sebanyak 26 penerbangan (Wings Air, Citilink, dan Trans Nusa).

Namun sejak kasus Covid-19 meningkat tajam, sejumlah penerbangan ditutup. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*