Pendiri Batik Danar Hadi Solo, Santosa Doellah Meninggal Dunia

Foto: bernasnews.com
Mari berbagi

KABAR duka datang dari pendiri sekaligus pemilik merek batik Danar Hadi Solo, Santosa Doellah meninggal dunia pada Senin (2/8/2021) petang. Santosa Doellah meninggal dalam usia 79 tahun setelah beberapa pekan menjalani perawatan di Rumah Sakit (RS) Indriati Solo Baru, Sukoharjo.

Adik ipar Santosa Doellah, Achmad Purnomo mengaku mendapatkan kabar terkait meninggalnya Presiden Direktur PT Batik Danar Hadi pada pukul 18.30 WIB. Santosa Doellah meninggal saat menjalani perawatan di RS Indriati Solo Baru.

“Sekitar dua minggu dirawat di Indriati. Beliau sempat pulang, tapi kemudian ada serangan lagi terus dibawa lagi ke rumah sakit,” kata Purnomo yang juga mantan wakil wali kota Solo itu, seperti dilansir dari vivanews.com.

Terkait sakit yang diderita maestro batik ini, Purnomo mengungkapkan bahwa sebelumnya Santosa Doellah dan istrinya sempat terpapar COVID-19. Setelah menjalani perawatan medis, istrinya telah negatif.  Namun, Santosa Doellah masih menjalani perawatan di rumah sakit.

“Kenanya COVID. Suami istri di rumah sakit, Bu Danar negatif. Pak Santoso punya penyakit lain jadi tetap di rumah sakit. Komorbit (penyakit bawaan) ada beberapa,” ujarnya.

Baca juga: Puluhan Pengusaha Batik di Kampung Batik Kauman Solo Gulung Tikar

Ia mengaku terakhir bertemu dengan Santosa Doellah pada saat momen halal bi halal pada Lebaran lalu. Pada saat itu sejumlah keluarga trah Hadi Priyanan sempat berkumpul di rumahnya.

“Ya pas Syawal lebaran itu. Tidak pas lebarannya ya, kira-kira pertengahan syawal. Syawalan di rumah saya. Setelah itu tidak bertemu, paling cuma via WA komunikasinya,” ujarnya.

Sementara itu Assistant Marketing Communications Manager PT Batik Danar Hadi Solo, Inou Marcsta Hernawan, mengatakan mendapat kabar meninggalnya Santosa Doellah pada Senin petang.

Menurut Inou, pemilik Batik Danar Hadi tersebut meninggal saat menjalani perawatan di Rumah Sakit Indriati, Solo Baru, Sukoharjo, Jawa Tengah. Inou mengaku tidak tahu persis sakit yang diderita pimpinannya itu. Namun, Inou memastikan Santosa Doellah tidak terpapar virus corona atau covid-19.

Ditanya soal pemakaman pengusaha batik tersebut, Inou mengaku belum mendapat informasi. Saat ini keluarga besar Santosa Doellah tengah menunggu salah satu anaknya yang berada di luar kota. Santosa Doellah memiliki empat orang anak. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*