Wujudkan Green Kampus Undip Lengkapi Fasilitas Jogging Track

Foto google Eko Purnomo
Mari berbagi

JoSS, SEMARNAG – Universitas Diponegoro (UNDIP) terus melengkapi fasilitas pendukung untuk mewujudkan Green Kampus berkelanjutan. Fasilitas terbaru yang diresmikan Jumat (11/6/2021) itu berupa jogging track Universitas Diponegoro yang disingkat JiTU.

Selain dapat digunakan sebagai tempat olahraga terbuka, JiTU juga menyediakan co-working space seperti gazebo, sitting group dan open theatre sebagai tempat diskusi, belajar bersama, bahkan ‘nongkrong’ bersama di ruang  terbuka bagi civitas academica Undip.

Keberadaan sungai di tengah fasilitas ini mempercantik JiTU dan membuat suasana terasa lebih nyaman. Fasilitas ini diresmikan secara langsung oleh Rektor Undip Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H., M.Hum, dihadiri Ketua Senat Akademik, Wakil Ketua dan Sekretaris Majelis Wali Amanat, para Wakil Rektor, para Dekan Fakultas dan Sekolah, para Ketua Lembaga dan Kepala Badan, serta tamu undangan.

Dilansir dari undip.ac.id, keberadaan JiTU yang menyatukan ruang publik hijau, tempat olahraga dan co-working space mendukung penciptaan Undip sebagai green campus yang berkelanjutan. Hal ini juga gayut dengan  Pemerintah Kota Semarang dalam membangun kota dan pemukiman yang inklusif, aman, tangguh, dan berkelanjutan.

Baca juga: UNDIP Peringkat ke-6 Universitas Terbaik di Indonesia Versi THE

Tantangan yang masih harus diselesaikan terkait dengan JiTU ini adalah pengelolaan sampah yang berada pada sungai. Pengelolaan sampah harus dilakukan secara bersama-sama dengan warga karena munculnya sampah dimulai dari hulu sungai.

Undip telah merancang pengelolaan sampah dengan memberdayakan masyarakat namun belum dapat direalisasikan karena terkendala pandemi COVID-19. Demikian dikatakan Wakil Rektor II Undip. Lebih lanjut, dikatakan dalam jangka panjang, jogging track ini dapat diperpanjang sampai Waduk Diponegoro.

Rektor Undip, Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H., M.Hum. menyambut dengan antusias atas pembangunan jogging track ini. Menurut beliau, keberadaaan JiTU dapat memberikan suasana positif di tengah kehidupan kampus dan kota yang sibuk. Terlebih di masa pandemi ini, beliau mengingatkan untuk sering menghirup udara segar.

“Mari kita syukuri keadaan, dalam kondisi seperti ini masih diberi kesehatan. Dengan diresmikannya JiTU, teman-teman civitas akademika sudah dapat menggunakannya, tentu dengan selalu menerapkan Protokol Kesehatan. Semoga dapat bermanfaat bagi semua, karena sebaik-baiknya hal adalah yang bermanfaat bagi sesama,” pungkas Prof. Yos. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*