Bus Werkudara dan Mayapada Bakal Antar Pelancong ke Sentra Kerajinan Solo-Sukoharjo

Bus tingkat Werkudara (Foto: net)
Mari berbagi
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

JoSS, SUKOHARJO – Pemkot Solo dan Pemkab Sukoharjo bakal mengoperasikan bus tingkat Werkudara dan Mayapada untuk mengantar para pelancong mengunjungi sentra kerajinan dan UMKM kuliner yang ada di kedua daerah tersebut.

Plt Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Sukoharjo Toni Sri Buntoro mengatakan masih terus menggodok paket-paket wisata mana saja yang akan ditawarkan ke Pemkot Solo. “Besok [Rabu] kami baru akan rapat dengan dinas terkait untuk menetapkan paket wisatanya,” katanya, belum lama ini seperti dilansir dari Solopos.com.

Beberapa paket wisata yang ditawarkan kepada pengguna jasa bus Werkudara dan Mayapada antara lain pusat kerajinan Sukoharjo. Seperti pusat kerajinan gamelan di Wirun, Kecamatan Mojolaban.

Lantas kerajinan rotan di Desa Trangsan, Kecamatan Gatak serta sentra jamu di wilayah Nguter. Menurutnya, pusat-pusat kerajinan di wilayah Sukoharjo layak ditawarkan dalam kerja sama kepariwisataan tersebut.

Baca juga: Antisipasi Kecelakaan Bus Pariwisata SDM dan Manajemen Harus Dibenahi

“Jadi penumpang bus Werkudara dan Mayapada ini bisa diajak melihat proses pembuatan gamelan, kerajinan rotan, dan jamu tradisional,” katanya.

Selain pusat kerajinan, Toni mengatakan Sukoharjo juga memiliki wisata religi Makam Balakan yang bisa ditawarkan dalam kerja sama pengoperasian bus wisata Werkudara itu. Kemudian objek wisata alam Batu Seribu dan kawasan lain di wilayah Sukoharjo bagian selatan.

Namun demikian penetapan paket wisata ini harus mempertimbangkan kondisi jalan apakah bisa dilalui bus atau tidak. Pemkab masih akan memutuskannya beserta kelayakan sarana dan prasarana infrastrukturnya.

“Kami gerak cepat untuk membahas paket wisata Solo-Sukoharjo ini. Harapannya kerja sama itu bisa cepat terealisasi,” katanya.

Menurutnya realisasi kerja sama wisata Solo-Sukoharjo akan berdampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi bagi warga di Sukoharjo. Saat ini Dishub Sukoharjo terus berkoordinasi dengan Dishub Solo terkait kerja sama pengoperasian bus Werkudara dan Mayapada ke wilayah Sukoharjo.

Sebagaimana diketahui Pemkab Sukoharjo dan Pemkot Solo telah menandatangani Memorandum Of Understanding (MoU) terkait kerja sama peningkatan wisata kedua daerah melalui pengoperasian bus Werkudara dan Mayapada.

MoU ditandatangani oleh Bupati Etik Suryani dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka belum lama ini. MoU ini sekaligus mengakhiri larangan bus Werkudara melintasi wilayah Sukoharjo pada era kepemimpinan Bupati Wardoyo Wijaya. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*