Upaya AstraZeneca Menjual Vaksin di AS Kembali Terkendala, Setelah Insiden Pencampuran Bahan Vaksin Milik J&J

Foto: express.co.uk
Mari berbagi

JoSS, AMERIKA SERIKAT – Pemerintah Amerika Serikat (AS) dilaporkan telah menghentikan produksi vaksin AstraZeneca di fasilitas Emergent BioSolutions di Baltimore, setelah insiden rusaknya 15 juta dosis vaksin Johnson & Johnson (J&J). Kebijakan tersebut semakin menghambat upaya AstraZeneca menjual vaksin di negara itu.

Dilansir dari CNNIndonesia, insiden tersebut terjadi setelah pekerja pabrik dilaporkan tidak sengaja menggabungkan bahan vaksin milik Johnson & Johnson dan AstraZeneca yang diproduksi di fasilitas Emergent BioSolutions.

Terkait hal itu, pemerintah AS menetapkan J&J bertanggung jawab atas kejadian itu. J&J menyatakan siap bertanggung jawab dan akan memberikan 100 juta dosis kepada pemerintah AS pada akhir Mei.
J&J juga mengatakan vaksin yang rusak belum masuk ke tahap penyelesaian.

Sedangkan AstraZeneca, yang vaksinnya belum disetujui di AS, mengatakan akan bekerja sama dengan pemerintahan AS untuk menemukan lokasi alternatif memproduksi vaksin.

Insiden itu dinilai semakin menghambat upaya AstraZeneca menjual vaksin di AS. Sebelumnya, pemerintah AS mengkritik AstraZeneca karena menggunakan data usang dalam hasil uji coba vaksinnya sebelum akhirnya merevisi studinya.

Langkah pemerintah AS menjadikan Baltimore hanya bertugas membuat vaksin J&J, agar menghindari insiden serupa terulang kembali. Dokter penyakit menular terkemuka AS mengatakan bahwa AS mungkin tidak memerlukan vaksin AstraZeneca meskipun telah mendapat persetujuan.

Baca juga: Otoritas Arab Saudi Wajibkan Calon Jemaah Haji Divaksin Virus Corona

Amerika Serikat diketahui memiliki kesepakatan mengirim ke Meksiko dan Kanada sekitar 4 juta dosis vaksin AstraZeneca, yang dibuat di fasilitasnya di AS.

Melansir New York Times, vakisn J&J dan AstraZeneca menggunakan teknologi yang sama dengan menggunakan versi virus yang tidak berbahaya, dikenal sebagai vektor, yang ditularkan ke dalam sel untuk membuat protein yang kemudian merangsang sistem kekebalan untuk memproduksi antibodi.

Tetapi vektor pada vaksin J&J dan AstraZeneca secara biologis berbeda dan tidak dapat ditukar satu sama lain.

Sebelumnya, AS mengesahkan vaksin virus corona (Covid-19) produksi Johnson & Johnson untuk penggunaan darurat. Ini jadi senjata AS untuk memerangi pandemi yang sudah menewaskan lebih dari 500 ribu orang, pada awal Februari lalu.

“Otorisasi vaksin ini memperluas ketersediaan vaksin, metode pencegahan medis terbaik untuk Covid-19, untuk membantu kami dalam memerangi pandemi ini, yang telah merenggut lebih dari setengah juta nyawa di Amerika Serikat,” kata direktur Food and Drug Administration (FDA), Janet Woodcock, seperti dikutip dari AFP.

Persetujuan penggunaan darurat vaksin usai suara bulat dari panel ahli di luar FDA pada Jumat (25/2). Uji coba globa J&J melibatkan 44ribu orang. Hasilnya, vaksin ditemukan 66 persen efektif mencegah Covid-19 sedang hingga parah 4 minggu setelah inokulasi. Kemudian vaksin juga 100 persen efektif dalam mencegah rawat inap dan kematian akibat virus.

Sementara itu untuk efek samping, dilaporkan sangat sedikit efek samping serius. Ini pun menawarkan bukti bahwa vaksin mengurangi infeksi tanpa gejala. Kalau memang terbukti, vaksin dianggap bisa mengurangi penularan virus serta penyakit.

“Ini adalah otorisasi penggunaan darurat untuk benar-benar mengurangi efek merusak dari pandemi saat ini,” kata Marion Gruber, direktur kantor penelitian dan tinjauan vaksin FDA, dikutip dari Reuters.

Vaksin J&J diharapkan dapat digunakan secara luas di seluruh dunia karena dapat dikirim dan disimpan pada suhu lemari es normal. Distribusi vaksin pun jadi lebih mudah daripada vaksin Pfizer Inc/BioNTech SE dan Moderna Inc yang musti dikirim dalam kondisi beku. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*