Tingkatkan Akses Jalur Selatan, KAI Segera Luncurkan KA Kertanegara Rute Baru Purwokerto-Malang

Ilustrasi (Foto: net)
Mari berbagi
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

JoSS, PURWOKERTO – Masyarakat pengguna kereta api kini akan makin dimudahkan dengan adanya jadwal baru kereta yang melayani Purwokerto-Malang dan rute sebaliknya. PT Kereta Api Indonesia (KAI) akan meluncurkan Kereta Api (KA) Kertanegara yang melayani rute tersebut yang selama ini hanya dilayani KA Gajayana relasi Gambir-Malang pergi-pulang (pp).

Plt Manajer Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto Hendra Wahyono mengatakan peluncurannya akan dilaksanakan di Stasiun Purwokerto pada 10 Maret 2021, pukul 18.20 WIB. Pengoperasian KA Kertanegara ini untuk meningkatkan akses jalur selatan.

“Peluncuran ini juga dalam rangka memberikan pilihan perjalanan KA khususnya di jalur selatan yang selama ini hanya dilayani oleh KA Gajayana relasi Gambir-Malang pp,” katanya, seperti dilansir dari Antara.

Dia menambahkan perjalanan KA Kertanegara dijadwalkan akan berhenti di Stasiun Kroya, Kebumen, Kutoarjo, Yogyakarta, Solo Balapan, Madiun, Caruban, Nganjuk, Kertosono, Kediri, Tulungagung, Blitar, Wlingi, Kepanjen, Malangkotalama sampai dengan tiba di Stasiun Malang pada pukul 03.06 WIB.

Baca juga: PT KAI Luncurkan Lokomotif CC 201 Dengan Livery Vintage, Lokomotif Disel Pertama di Indonesia

Sementara jadwal perjalanan KA Kertanegara relasi Malang-Purwokerto, kata dia, berangkat dari Stasiun Malang pada pukul 08.20 WIB dan akan berhenti di Stasiun Malangkotalama, Kepanjen, Wlingi, Blitar, Tulungagung, Kediri, Kertosono, Nganjuk, Caruban, Madiun, Solo Balapan, Yogyakarta, Kutoarjo, Kebumen, Kroya, serta tiba di Stasiun Purwokerto pada pukul 17.17 WIB.

Ia juga mengatakan akan memberlakukan tarif khusus pada KA Kertanegara pada relasi tertentu, di antaranya Purwokerto-Yogyakarta tarifnya hanya Rp110.000 untuk kelas eksekutif dan Rp65.000 untuk kelas ekonomi.

Selain itu, kata dia, relasi Purwokerto-Solo Balapan dengan tarif khusus Rp130.000 untuk kelas eksekutif dan Rp75.000 untuk kelas ekonomi, sedangkan dari Purwokerto dengan tujuan Kutoarjo tarifnya sebesar Rp55.000 untuk kelas eksekutif dan Rp35.000 untuk kelas ekonomi.

Pelanggan yang berangkat dari Stasiun Kutoarjo tujuan Yogyakarta cukup membayar Rp45.000 untuk kelas eksekutif dan Rp25.000 untuk kelas ekonomi.

“Demikian pula untuk relasi Kutoarjo-Solo Balapan, cukup membayar Rp75.000 untuk kelas eksekutif dan Rp45.000 untuk kelas ekonomi,” katanya.

Hendra mengatakan pemesanan tiket KA Kertanegara untuk keberangkatan tanggal 10 Maret 2021 dan seterusnya sudah dapat dipesan melalui aplikasi KAI Access maupun kanal resmi lainnya yang telah bekerja sama dengan PT KAI (Persero). (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*