Setelah Diterapkan di 44 Stasiun, GeNose C19 Resmi Sebagai Syarat Perjalanan Udara dan Laut

Foto: ap1.co.id
Mari berbagi

JoSS, JAKARTA – Pemerintah resmi memberlakukan tes  GeNose C19 untuk perjalanan udara dan laut mulai 1 April mendatang. Setelah peraturan penggunaan pendeteksi virus corona buatan Universitas Gadjah Mada ini diberlakukan di 44 stasiun kereta api.

Artinya, selain tes RT-PCR dan rapid antigen, masyarakat juga dapat menyertakan hasil negatif tes GeNose C19 sebagai syarat perjalanan.

Aturan tersebut tertuang dalam Surat Edaran (SE) Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 12 2021 tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri Dalam Masa Pandemi Covid-19.

PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II  menyatakan per 1 April mendatang akan ada dua bandara yang siap melayani tes GeNose, yakni Bandara Husein Sastranegara di Bandung dan Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II di Palembang.

Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin menyebut pihaknya telah melakukan uji coba dengan melibatkan lebih dari 100 pekerja bandara setiap harinya menjelang penerapan tes GeNose.

Awaluddin menyebut untuk calon penumpang yang akan berangkat dari kedua bandara tersebut perlu memerhatikan beberapa hal.

Pertama, terkait alur pelaksanaan tes GeNose C19, setiap calon penumpang nantinya harus melakukan registrasi dan memesan/booking tes di aplikasi Farmalab.

Lalu, masuk ke area tes di bandara, mengambil nomor antrean dan menuju ruang tunggu, dan melakukan tes. Kemudian, menunggu hasil tes di ruang tunggu.

“Rangkaian tersebut berdurasi sekitar 10 menit, dari pertama kali mengunduh aplikasi Airport Health Center hingga hasil tes keluar,” katanya dikutip dari rilis, Selasa (30/3).

Lebih lanjut, Awaluddin menuturkan dari uji coba ini secara garis besar ada 3 proses yang harus dilalui bagi setiap orang yang menjalani tes GeNose C19, yaitu pre-process.

Tahap ini meliputi mengunduh dan mendaftarkan diri (sign up) di aplikasi Airport Health Center, verifikasi email, mengisi profil di aplikasi, memesan/booking tes dan melakukan pembayaran.

Kemudian, tahap on-process, seperti verifikasi dan pemberian kantong napas, pengambilan sampel napas, scan QR code data & kantung nafas, analisa sampel napas. Terakhir, post-process alias hasil tes keluar di aplikasi.

“Pelaksanaan tes GeNose C19 di bandara-bandara AP II didukung dengan aplikasi agar pelaksanaan tes dapat lebih teratur secara administrasi dan berjalan lancar. Setiap traveler yang ingin melakukan tes GeNose C19 harus melakukan pemesanan/booking terlebih dahulu melalui aplikasi,” imbuh Awaluddin.

Sebagai langkah antisipasi bila penumpang pesawat tidak memiliki ponsel pintar, AP II akan menyediakan help desk untuk melakukan pelayanan.

Baca juga: 4 Bandara Ini Terapkan Layanan GeNose Mulai 1 April 2021, Diantaranya YIA

Berdasarkan jumlah bilik dan kapasitas mesin GeNose C19, Bandara Husein Sastranegara dapat melayani sekitar 400 orang/hari. Sementara itu, di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II dapat melayani sekitar 700 orang/hari.

Sementara itu, PT Kereta Api Indonesia (persero) menambah layanan pemeriksaan covid-19 dengan alat GeNose di 21 stasiun di Indonesia mulai Selasa (30/3/). Dengan penambahan ini, total ada 44 stasiun di tanah air yang menyediakan layanan GeNose bagi penumpang.

“Penambahan secara bertahap dari dua stasiun pada awal Februari hingga 44 stasiun pada akhir Maret ini merupakan komitmen KAI dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan untuk memenuhi syarat bepergian dengan kereta api pada masa pandemi covid-19,” ujar VP Public Relations KAI Joni Martinus dalam keterangan resmi seperti dikutip Selasa (30/3) ini.

Dengan penambahan itu, secara total, jumlah pemeriksaan GeNose telah mencapai 345.668 penumpang sejak awal diterapkan hingga 28 Maret 2021. Ia mengklaim penumpang cukup terbantu karena layanan pemeriksaan GeNose mudah, cepat, dan ‘pas di kantong’ karena tarifnya hanya Rp30 ribu per pemeriksaan.

Untuk dapat melakukan pemeriksaan GeNose di stasiun, calon penumpang harus memiliki tiket atau kode booking KA Jarak Jauh yang sudah lunas. Selain itu, mereka tidak boleh merokok, makan, minum, kecuali air putih selama 30 menit sebelum melaksanakan tes.

“Hasil pemeriksaan GeNose C19 di 44 stasiun tersebut dapat dipakai untuk keberangkatan di seluruh stasiun yang melayani perjalanan KA Jarak Jauh,” kata Joni.

Saat ini, layanan GeNose bisa dipesan melalui aplikasi KAI Access khusus untuk keberangkatan dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen. Untuk stasiun lain, bisa menghubungi Customer Service, Contact Center KAI melalui telepon di 021-121, WhatsApp KAI121 di 08111- 2111-121, email cs@kai.id, atau media sosial KAI121. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*