Objek Wisata Alam di Jogja Ini Aman Dikunjungi Saat Pandemi, Periksa Dulu Jam Operasional Ya

Pemandian Blue Lagoon (foto: awalinfo.blogspot.com)
Mari berbagi
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

JOGJAKARTA memiliki banyak sekai tempat wisata. Hampir di setiap sudut kotanya menawarkan kenangan yang bakal sulit dilupakan. Tidak hanya tempat wisatanya, berbagai menu masakannya juga sangat khas dan menggugah selera.

Namun di masa pandemi ini, sebaiknya hindari tempat-tempat wisata yang rammai dikunjungi, seperti pusat perbelanjaan maupun kawasan Malioboro. Jangan sedih dulu, masih banyak wisata alam di Jogja yang aman dan bisa Kamu kunjugi di waktu senggang.

Berikut rekomendasi wisata alam Jogja yang menarik dan layak dikunjungi, seperti dirangkum dari Detik.travel.com.

1. Puncak Becici

Wisata alam yang menawarkan panorama hutan pinus ini sangat cocok dinikmati di waktu senja, dengan pemandangan Kota Jogja dari ketinggian. Untuk memasuki kawasan ini, sini traveler hanya cukup membayar uang parkir saja Rp 3.000 untuk kendaraan bermotor dan Rp 10.000 untuk mobil. Jangan lupa traveler mengabadikan moment liburan dari ketinggian ya.

Puncak Becici di Bantul pernah disinggahi Presiden AS Barack Obama 2017 silam. Puncak Becici berada di Desa Muntuk, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul atau 30 Km dari pusat kota Yogyakarta. Untuk menuju ke Puncak Becici kamu bisa melewati jalur Yogyakarta-Wonosari.

Juga dari puncak kamu bisa melihat pemandangan Kota Yogyakarta dari atas sini. Kamu juga bisa menikmati kecantikan Candi Prambanan bagian utara dan pantai selatan di sini ya. Selain itu Sunset di Puncak Becici merupakan salah satu yang tercantik dan terbaik di Yogyakarta.

2. Pinus Pengger

Bantul punya satu hutan pinus yang Instagramable. Namanya Pinus Pengger. Tak hanya menawarkan pemandangan alam dari ketinggian, Pinus Pengger juga memiliki banyak spot foto yang Instagramable.

Untuk mencapai tempat wisata yang berlokasi di Desa Terong, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul ini, pengunjung hanya perlu melakukan perjalanan darat sejauh 23 kilometer dari jantung Kota Yogyakarta ke Desa Mangunan, Dlingo.

Sesampainya di Mangunan, pengunjung hanya perlu mengikuti petunjuk arah ke kawasan hutan pinus. Pinus Pengger sendiri berlokasi tidak jauh dari puncak Becici. Pinus Pengger baru dibuka sejak bulan April tahun 2016.

Selain menawarkan pemandangan alam, di sini (Pinus Pengger) ada 7 spot foto dengan beragam bentuk telapak tangan, jempol, jembatan setengah lingkaran.

Baca juga: Ga Usah Jauh-Jauh Piknik, Destinasi Wisata Instagramable Ini Wajib Kamu Kunjungi

3. Tirta Budi

Tempat wisata alam Jogja berikutnya adalah Pemandian Tirta Budi alias Blue Lagoon. Disebut Blue Lagoon karena airnya biru dan bening layaknya oase di padang pasir. Pemandian ini sendiri berupa kolam yang tidak begitu besar,ada pancuran kecil di tengahnya mengalir air dari batang bambu

Dulunya Pemandian ini biasa digunakan oleh warga sekitar untuk aktivitas sehari-hari, namun karena keindahan dari tempat ini akhirnya banyak orang yang berminat untuk berkunjung dan ikut mandi di sana.

Walau ukuran kolam di Blue Lagoon tidak besar, ada keunikan disini, yaitu adanya ikan-ikan kecil di dalamnya. Jika tubuh kita masuk dalam kolam ini, bersiaplah pasukan ikan-ikan kecil tersebut menghampiri. Eits, tapi tenang saja, ikan tersebut tidak mengerikan seperti ikan piranha lho, malah kita akan merasakan sensasi kulit kita digigit lembut mirip seperti terapi spa ikan.

Pastinya mendapatkan pengalaman yang luar biasa jika berendam di Blue Lagoon. Selain merasakan airnya yang dingin dan menyegarkan, rimbun pepohonan di sekitar kolam makin menambah kesejukan dan keteduhan, cocok sekali menghilangkan lelah setelah seharian berkeliling Yogya.

Segarkan harimu di Blue Lagoon, surga tersembunyi ini ini adalah cara baru menikmati keindahan alam kota Yogyakarta. Jika tertarik untuk berkunjung, lokasi Blue Lagoon atau Pemandian Tirtabudi ada di Widodomartani, Ngemplak, Sleman.

Untuk menuju kesana bisa dilalui dari Jalan Kaliurang km 13 lalu di sekitaran Indomaret Besi, langsung belok kanan atau menuju timur, dari sana perjalanan ditempuh kurang lebih sekitar 5 km lagi untuk bisa menemukan Oase cantik tersembunyi ini di Yogya.

4. SvargaBumi

Destinasi wisata SvargaBumi Borobudur tengah menarik perhatian publik. Di sana wisatawan disuguhi pemandangan sawah serta pegunungan. Objek wisata ini terletak tak jauh dari kawasan Candi Borobudur, Magelang. Yup, apalagi kalau bukan SvargaBumi. Di sini traveler dapat melihat hijaunya sawah sejauh mata memandang.

Serunya lagi, SvargaBumi ini menyediakan lebih dari 20 spot selfie. Selain itu ada pula gazebo dan tempat duduk yang dapat digunakan untuk bersantai.

SvargaBumi terletak di Dusun Ngaran dan Gopalan, Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Traveler cukup membayar Rp 25 ribu untuk dapat menikmati wisata ini sepuasnya.

SvargaBumi buka mulai pukul 08.00-17.00 WIB di hari biasa. Sementara untuk Sabtu dan Minggu mulai pukul 06.30-18.00 WIB. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*