Jepang Bersiap Hadapi Badai Salju Ekstrim Hingga Tiga Hari Mendatang

Foto: www3.nhk.or.jp
Mari berbagi

JoSS, TOKYO – Pemerintah Jepang meminta warganya bersiap untuk menghadapi badai salju ekstrim selama tiga hari ke depan. Perusahaan Penyiaran Jepang (Nippon Hoso Kyokai/NHK) pada Rabu (6/1/2021) melaporkan seluruh wilayah Jepang diperkirakan dilanda badai mulai Kamis (7/1/2021).

Topan disertai badai salju akan terjadi di sepanjang pesisir Laut Jepang yang dapat menyebabkan jarak pandang yang buruk dan gangguan lalu lintas.

Para pejabat badan cuaca mengatakan sistem tekanan rendah yang berkembang pesat tampaknya akan melewati Jepang utara mulai Kamis dan pola tekanan musim dingin akan menguat hingga Sabtu (9/1/2021).

Embusan angin hingga 144 kilometer per jam diperkirakan akan terjadi pada Kamis di Tohoku dan hingga 126 kilometer per jam di Provinsi Niigata, Hokuriku, Kansai, Hokkaido, dan Chugoku. Embusan hingga 108 kilometer per jam diperkirakan terjadi di Shikoku, Kyushu utara, dan Okinawa.

Otoritas cuaca menyatakan salju lebat diperkirakan terjadi mulai Kamis hingga Sabtu terutama di sepanjang pegunungan di pesisir Laut Jepang dari Hokkaido hinggai Kyushu.

Baca juga: Jepang Tutup Pintu Bagi Warga Asing Hingga 31 Januari 2021

Dalam 24 jam mulai Kamis pagi, hujan salju hingga setinggi 90 sentimeter diperkirakan turun di Hokuriku, hujan salju hingga 70 sentimeter di Provinsi Niigata, Tohoku, dan Kansai, hingga 60 sentimeter di Hokkaido dan Tokai, serta 50 sentimeter di Chugoku. Lebih banyak hujan salju diperkirakan turun hingga Sabtu.

Para pejabat badan cuaca mengatakan angin kencang dan salju dapat mengganggu lalu lintas. Mereka juga mengimbau agar waspada terhadap gelombang tinggi dan salju longsor serta memperingatkan bahwa tumpukan salju di kabel listrik dapat menyebabkan pemadaman listrik serta pohon-pohon dapat tumbang akibat beratnya salju.

Sebelumnya, badai salju yang terjadi sejak Rabu (16/12/2020) membuat sebanyak seribu pengemudi kendaraan di Jepang terjebak kemacetan parah sepanjang 15 kilometer selama 40 jam di jalan tol tanpa makanan dan minuman akibat badai salju.

Seperti dilansir CNN, Jumat (18/12), kemacetan panjang itu terjadi di Jalan Tol Kanetsu yang menghubungkan ibu kota Tokyo dan prefektur Niigata. Kepadatan lalu lintas terjadi sejak Rabu (16/12) lalu.

Menurut pengelola jalan tol Jepang, Nippon Expressway Company (NEXCO), kemacetan dimulai ketika sebuah kendaraan terperosok ke dalam tumpukan salju di tengah jalan tol itu. Akibatnya arus lalu lintas kendaraan di belakangnya terhambat.

Sejumlah kendaraan masih bisa berjalan tetapi dengan kecepatan sangat lambat. Sedangkan pengemudi lainnya benar-benar tidak bergerak sama sekali. Kondisi itu diperburuk dengan hujan salju lebat yang terus turun di jalan tol itu. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*