Relawan Hendi-Ita Keliling Semarang Kampanye Virtual, Ajak Warga ke TPS

Relawan Hendi-Ita keliling Semarang untuk melakukan kampanye virtual | Foto: istimewa
Mari berbagi

JoSS, SEMARANG – Tim kampanye calon walikota dan wakil walikota petahana Hendrar Prihadi dan Hevearita Gunaryanti Rahayu (Hendi-Ita), keliling kampanye dengan menggunakan mobil virtual hingga ke pinggiran kota.

Cara ini dilakukan guna mengantisipasi warga tidak datang ke tempat pemungutan suara (TPS). Pasalnya, sebagian masyarakat di pinggiran Kota Semarang dikhawatirkan tidak mendatangi TPS.

Meski Hendi-Ita akan melawan kotak kosong, tim pemenangan tetap berupaya mengajak masyarakat untuk mendatangi TPS. Dengan menggunakan kampanye secara virtual, mereka membagikan selebaran berisi ajakan kepada warga untuk mendatangi TPS.

Kampanye secara mobil virtual, menggunakan video dan pengeras suara dengan diisi video animasi agar menarik perhatian warga. Hal ini juga sebagai upaya mematuhi aturan Komisi Pemilihan Umum dalam berkampanye terbuka yang dilarang untuk berkerumun.

Salah satu Ketua Relawan Barisan Orang-Orang Melangkah Bersama (Boomber) Hendi-Ita, Indra Ediyani mengaatakan, kampanye yang dilakukan menjelang pencoblosan ini sebagai upaya untuk mengajak masyarakat agar datang ke TPS.

“Dalam kampanye mobil virtual ini kami sengaja mendatangi kampung pelosok serta perbatasan kota, juga pasar-pasar hingga tempat yang banyak dikunjungi warga Semarang. Kami mengingatkan warga untuk datang ke TPS pada 9 Desember mendatang,” kata Indra Ediyani, Kamis (3/12/2020).

Baca juga: Jurus Pamungkas, Hendi-Ita Gelar Kampanye Virtual Akbar Libatkan 150.000 Orang

Menurut dia, pihaknya mengajak warga untuk datang menggunakan hak pilihnya agar pasangan Hendi-Ita mendapatkan suara yang signifikan.

“Pasangan Hendi-Ita harus mendapatkan suara minimal 70 persen plus satu suara dalam melawan kotak kosong,” tuturnya.

Untuk diketahui, pasangan Hendi-Ita diusung oleh seluruh partai yang ada di parlemen DPRD Kota Semarang yakni oleh PDI Perjuangan, Gerindra, Golkar, PKB, Demokrat, Nasdem, PSI, PAN dan PKS. Selain itu, pasangan petahana ini juga mendapatkan dukungan dari non parlemen yakni Hanura, PPP, PKPI, PBB dan Berkarya.

Melawan kotak kosong bukan berarti membuat tim kampaye Hendi-Ita berpangku tangan, terlebih berkaca pada Pilkada sebelumnya, sejumlah daerah dengan calon tunggal nyaris dikalahkan oleh kotak kosong.

Melihat hal itu, Partai pendukung Hendi-Ita tetap melakukan strategi politik, mulai melakukan konsolidasi internal sampai mendorong masyarakat Kota Semarang menggunakan hak pilihnya pada 9 Desember mendatang.

Dalam sebuah kesempatan Hendi mengkau, tidak memiliki stategi khusus untuk melawan kota kosong. Namun yang pasti kata Hendi, dasar kegiatan kampanye yang dilakukan harus disesuaikan dengan regulasi yang berlaku, yaitu PKPU Nomor 13 Tahun 2020, dimana telah diatur sejumlah pembatasan kampanye.

Untuk itu upaya sosialisasi lebih fokus kepada kegiatan door to door atau pintu ke pintu, dan tidak mengumpulkan massa melebihi ketentuan yang diperbolehkan. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*