Teknik Perkapalan UNDIP Bidik Status Akreditasi Internasional IABEE

Mari berbagi

JoSS, SEMARANG – Program Studi (Prodi) Teknik Perkapalan Fakultas teknik Universitas Diponegoro (UNDIP) membidik status akreditasi internasional dari IABEE (Indonesian Accreditation Board for Engineering Education) di tahun 2021 sebagai anjakan untuk menuju akreditasi unggul.

Kepala Departemen yang sekaligus Kaprodi Teknik Perkapalan FT UNDIP, Dr Eng Hartono Yudo ST MT, mengatakan persiapan untuk meraih IABEE sudah dipersiapkan secara matang, dan sudah ditetapkan jadwal visitasi dari lembaga akreditasinya.

Adapun untuk jadwal visitasi IABEE direncanakan pada tanggal 30 November – 2 Desember 2020. Kegiatan tersebut kemungkinan harus dilakukan secara daring mengingat masih dalam kondisi pandemi Covid-19, dan hasilnya akan diumumkan awal tahun 2021.

“Kita berharap, Februari 2021 Teknik Perkapalan Undip sudah terakreditasi internasional IABEE,’” kata Hartono Yudo, Rabu (11/11/2020).

Menurut Yudo, Akreditasi IABBE akan menguatkan kesiapan Departemen  Teknik Perkapalan dalam menerapkan sistem pendidikan berbasis luaran (Outcome Base Education). Hal itu berarti berarti setiap matakuliah yang disampaikan harus memiliki capaian pembelajaran lulusan yang menunjang profil profesional mandiri untuk menghasilkan lulusan siap kerja.

“Kami mencanangkan menjadi Departemen Teknik Perkapalan yang unggul dalam riset teknologi perkapalan dan maritim di tingkat Nasional serta mampu berkompetisi di tingkat internasional. Itu sesuai visi kami,” ujarnya, seperti dilansir dari undip.ac.id.

Baca juga: CBIOM3S UNDIP Raih Penghargaan Anugerah Inovasi Indonesia

Sebagaimana diketahui, IABEE merupakan organisasi independen nirlaba bagian dari lembaga Persatuan Insinyur Indonesia (PII) yang didedikasikan untuk menumbuhkembangkan budaya mutu dalam pengelolaan pendidikan tinggi di bidang teknik dan computing.

Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) dalam hal ini sekarang berada di Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional, telah mengakui keberadaan IEBEE. Patut dicatat, IEBEE juga sudah diakui oleh International Engineering Alliance (IEA) dalam Sidang Tertutup Washington Accord pada 12 Juni 2019  sebagai  Signatory Member.

Dengan begitu IABEE yang dibentuk dengan pembinaan JABEE (Japan Accreditation Board for Engineering Education) kewenangannya akreditasinya dalam bidang teknik diakui setara dengan negara-negara anggota Washington Accord seperti Amerika Serikat, Inggris, Irlandia, Australia, New Zealand, Afrika Selatan, Rusia, Jepang, China, India, Turki, Hong Kong, Taiwan, dan Malaysia.

Adapun Prodi Teknik Perkapalan UNDIP saat ini memilki program S1 dengan Akreditasi A. Teknik Perkapalan UNDIP sebenarnya tergolong Prodi baru, secara resmi berdiri Oktober 2002. Namun Prodi ini berhasil melakukan berbagai lompatan, dan sejak tahun 2016 sudah mengantongi Predikat A dari BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi) dengan Keputusan No.1057/SK/BAN-PT/Akred/S/VI/2016 dan Sertifikasi ISO 9001:2015. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*