Merapi Bergemuruh Gugurkan Lava, Masyarakat Boyolali Berkemas

Foto: bernasnews.com
Mari berbagi

JoSS, BOYOLALI – Warga di sejumlah desa di Kecamatan Selo, Boyolali, Jawa Tengah, dibuat terkejut dengan suara gemuruh dari puncak Merapi. Berdasarkan pantauan terlihat ada guguran yang mengarah ke barat.

Warga Boyolali di lereng merapi bersiap hadapi erupsi dengan membuat tempat penampungan hingga mengemasi harta dan surat berharga.

Hal tersebut dijelaskan Kepala Dusun Stabelan, Desa Tlogolele, Maryanto. “Tadi terlihat visual guguran atau longsoran ke arah barat,” katanya seperti dilansir Detik, Minggu (8/11/2020).

Longsoran itu terjadi sekitar pukul 08.33 WIB. Kejadian tersebut menarik perhatian warga hingga keluar rumah dan melihat ke arah puncak Merapi.

Maryanto mengatakan, guguran itu terjadi saat warga Dukuh Stabelan beraktivitas di ladang. Tetapi kejadian itu tidak membuat warga panik meski jarak tempat mereka dengan puncak Merapi sekitar 3-3,5 kilometer.

Sampai saat ini belum ada warga Desa Tlogolele yang mengungsi. Aktivitas masyarakat masih berjalan normal.

“Untuk di Tlogolele saat ini belum ada evakuasi. Kelompok rentan masih di wilayahnya masing-masing,” jelasnya.

Sementara itu berdasarkan keterangan petugas Pos Pengamatan Gunung Api di Desa Jrakah, kecamatan Selo, Tri Mujiyanto, guguran terdengar pada pukul 08.34 WIB. Guguran dari lava 1948 itu mengarah ke Kali Apu dan Trising. Adapun jarak luncurnya sekitar 500 meter.

“Guguran terdengar dari Jrakah jam 08.34 WIB. (Guguran mengarah ke) Kali Apu, Trising,” kata Tri Mujiyanto dihubungi melalui telepon.

Seperti diketahui, Gunung Merapi saat ini berstatus Siaga (Level III). Oleh sebab itu warga di lereng harus waspada dengan kemungkinan erupsi yang terjadi sewaktu-waktu. Kawasan puncak Merapi juga harus steril dari aktivitas warga.

Baca juga: Sebagian Warga di Magelang Mulai Mengungsi

Warga di lereng Gunung Merapi yang menjadi daerah rawan di Boyolali, terus melakukan persiapan terhadap lokasi pengungsian sementara, Minggu (8/11/2020). Tempat penampungan pengungsi sementara [TPPS] disiapkan guna mengantisipasi adanya musibah erupsi Gunung Merapi.

Pada Minggu pagi, terlihat beberapa pemuda tengah berada di area TPPS Desa Tlogolele. Mereka bekerja bakti membersihkan area TPPS. Menurut Sekretaris Desa Tlogolele, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali, Neigen Achtah Nur Edy Saputra, kegiatan itu dilakukan sebagai upaya persiapan.

Diketahui saat ini status aktivitas Gunung Merapi telah ditingktkan menjadi siaga. Warga lereng Merapi pun sudah diimbau untuk selalu siaga, ketika sewaktu-waktu harus mengungsi. TPPS akan menjadi tujuan sementara dalam proses evakuasi.

“Jadi ini persiapan. Ketika nantinya perlu untuk pendirian tenda dan sebagainya semua sudah bersih dan siap,” kata dia saat ditemui wartawan di TPPS Desa Tlogolele, Minggu.

Neigen mengatakan dalam koordinasi antara Pemerintah Desa Tlogolele dan tim siaga desa telah membahas berbagai persiapan, salah satunya mengenai persiapan di TPPS.

“Sebab kami mengacu rilis dari BPPTKG ]Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi], bahwa zona berbahayaanya adalah lima kilometer [dari puncak gunung]. Sementara di radius itu kami ada beberapa dukuh yakni Stabelan, Takeran, dan Belang,” kata dia, dilansir dari Solopos.com.

Selain pembersihan area TPPS, persiapan lain juga telah dilakukan, seperti penyiapan alat dapur di dapur umum serta penyiapan tikar. Berkaitan dengan masa pandemi Covid 19, nantinya di aula tempat istirahat para pengungsi akan disiapkan sekat. Direncanakan Senin (9/11/2020) material penyekatan mulai disiapkan. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*