Sepeda Lipat Tiga Kreuz Buatan Bandung, Kado Untuk Gusti Kanjeng Ratu Hemas

Sepeda lipat Kreuz, pesanan khusus Raja Jogja untuk permaisuri | Foto: dok.Kreuz
Mari berbagi
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

JoSS, JOGJA – Sepeda lipat tiga Kreuz buatan Bandung jadi kado istimewa ulang tahun Permaisuri Kasultanan Yogyakarta Gusti Kanjeng Ratu Hemas ke-68 tahun. Sepeda itu secara khusus dipesan raja Raja Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X yang akan diserahkan langsung pada 31 Oktober 2020.

“Pesannya sudah lama sesuai nomor antrian, mintanya jadi Oktober ini. Untuk kado ibu Ratu Hemas,” kata Produsen sepeda lipat itu Yudi Yudiantara, seperti dilansir dari Tempo.co.

Yudi dan timnya mengantar langsung pesanan Raja Yogyakarta itu. Kedua sepeda itu berwarna khas keraton. Bagian depannya berwarna hijau tua lalu kuning di bagian tengah hingga ke belakang. Sepeda itu sesuai namanya di kerangka (frame) sepeda untuk GKR Hemas.

Sementara sepeda dengan kombinasi warna sebaliknya untuk Sri Sultan Hamengkubuwono X. Pada bagian depan di atas roda dipasang kotak (hardcase) masing-masing berwarna senada. Gunanya untuk menyimpan perangkat seperti handphone dan lain-lain.

Baca juga: Persiapan KRL Jogja-Solo, KA Prameks Dikelola KAI Commuter

Menurut Yudi, pesanan sepeda dari Raja Yogyakarta itu dekat waktunya dengan orderan dari Presiden Joko Widodo. Sepeda untuk Jokowi dan istri sudah rampung Agustus lalu. “Modelnya sama hanya beda speed gear,” katanya.

Sepeda Presiden bergigi tiga, sedangkan kereta angin Raja Yogyakarta bergigi lima. Adapun roda berukuran sama yaitu 16-an inci. Soal harga sepeda kado untuk permaisuri itu Yudi enggan menyebut. “Nggak enaklah,” ujarnya.

Sepeda lipat tiga yang terinspirasi dari sepeda Brompton buatan Inggris itu buatan Yudi dan timnya di Bandung sejak Maret 2020. Nama Kreuz seketika tenar di masa pandemi ketika banyak orang giat bersepeda.

Kreuz, kata Yudi, memakai internal gear 5 speed. Panjang wheel base 105 sentimeter. Adapun ban memakai ukuran 16, 349 inch. Panjang seat post sampai 58 sentimeter.

“Jadi orang dengan tinggi 180 sentimeter bisa dengan mainkan handle bar,” ujarnya. Bobot sepeda Kreuz ini sekitar 12 kilogram. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*