Jalan Tembus Manyaran-Selogiri Wonogiri Selesai Dibangun, Hemat Waktu 45 Menit

Foto: humaswonogirinews.org
Mari berbagi
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

JoSS, WONOGIRI – Warga Manyaran yang akan ke Selogiri dan sebaliknya, kini tak perlu lagi memutar melalui Kecamatan Wuyantoro dan Kecamatan Wonogiri. Pasalnya jalan tembus yang menghubungkan Desa Bero, Kecamatan Manyaran dengan Desa Kepatihan, Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri, telah selesai dikerjakan.

Pembangunan jalan melalui program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung tahap III 2020 itu mampu menhemat waktu tempuh hingga 45 menit

Jalan tembus itu diberi nama jalan merah-putih. Program TMMD itu merampungkan penyiapan badan jalan sepanjang 115 meter, membangun rabat beton sepanjang 450 meter, dan sebuah gorong-gorong sepanjang empat meter.

Kepala Desa Bero, Roh Edy Wibowo, mengatakan jalan tersebut saat ini statusnya masih jalan desa. Dia berharap pada 2021 bisa beralih status menjadi jalan kabupaten. Sehingga pembangunan jalan rabat beton bisa dilanjutkan melalui APBD Kabupaten Wonogiri.

Baca juga: Dongkrak Perekonomian, Pemkab Banjarnegara Genjot Pembangunan Infrastruktur Jalur Selatan

“Kami berharap bisa menjadi jalan kabupaten pada tahun depan. Karena cukup membantu akses warga dalam melakukan mobilitas. Waktu tempuhnya sekitar satu jam. Namun, jika melalui jalan itu hanya membutuhkan waktu 15 menit,” katanya, pada penutupan TMMD Sengkuyug tahap III 2020 di Desa Bero, belum lama ini.

“Saat ini belum tersambung sempurna. Karena yang di wilayah Selogiri belum dicor semua. Kalau motor sudah bisa. Maka kami berharap tahun depan bisa beralih ke jalan kabupaten. Kami berterima kasih dengan adanya TMMD di desa kami. Karena pembangunan jalan tembus bisa terwujud,” ungkap Edy.

Dilansir dari Solopos.com, Komandan Kodim 0728 Wonogiri, Letkol Inf Imron Masyhadi, berterima kasih kepada seluruh elemen atau jajaran masyarakat dan anggotanya yang telah bekerja sama dalam membangun jalan tersebut.

“Semoga jalan ini bisa memperlancar aktivitas warga, koordinasi, hubungan yang baik antarwilayah, menjaga persatuan serta menjadikan Wonogiri aman, tenteram, dan makmur,” kata dia.

Menurut dia, pekerjaan jalan itu selesai sesuai target yang ditentukan. “Mudah-mudahan pembangunan jalan bisa dilanjutkan program pemerintah kabupaten melalui Dinas Pekerjaan Umum (DPU),” kata Imron.

Plt Bupati Wonogiri, Edy Santosa, berharap jalan itu menjadi salah satu upaya membangun kehidupan masyarakat yang lebih baik dan menanggulangi kemiskinan di pedesaan. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*