COVID-19 UPDATE

KEMARIN

HARI INI

NAIK / TURUN

Total Penderita

132.816

135.123

2%

Kasus Baru

2.098

2.307

10%

Update: 14 Agustus 2020 - Sumber: covid19.go.id

Satuan PJR Kartasura Berhasil Membekuk Gembong Penjahat Lintas Provinsi di Solo

Petugas Sat PJR Kartasura amankan penjahat lintas provinsi berikut barang bukti hasil kejahatan | Foto: dok Ditlantas Polda Jateng
Mari berbagi
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

JoSS, SEMARANG – Ditlantas Polda Jateng berhasil membekuk tiga orang penjahat lintas provinsi spesialis pencurian uang, berikut barang bukti hasil kejahatan senilai Rp400 juta. Penangkapan pelaku kejahatan itu dilakukan oleh Satuan Patroli Jalan Raya Polda Jateng Unit 7 Kartasura di Ruas Tol Ngawi-Solo, Jumat (17/7) sore.

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Jawa Tengah, Kombes Pol Arman Achdiat SIK MSi, mengaku bangga dan mengapresiasi kesigapan anggotanya. Menurutnya penangkapan pelaku kejahatan lintas provinsi itu tak mudah, karena dibutuhkan koordinasi seksama antarwilayah, antarinstitusi dan antarinstansi.

“Gembong penjahat lintas provinsi mati kutu ditangan Sat PJR Polda Jateng. Saya bangga bukan main disuguhi kinerja teramat baik anggota di lapangan. Sungguh ini membuktikan kualitas kerja mereka,”kata Arman Achdiat, Jumat (17/7/2020) malam.

Kronologi penangkapan berawal dari informasi dari Sentral Komunikasi (Senkom) Lalu Lintas Jalan Tol Ngawi-Kertosono sebuah mobil yang diduga pelaku pencurian dengan ciri-ciri penyok dan lecet di beberapa bagian masuk gerbang Tol Bandar Kertosono ke arah Ngawi dan lanjut meluncur ke Jawa Tengah.

Setelah mendapat informasi jatidiri penjahat yang membawa kabur uang hasil kejahatan langsung direspons anggota PJR Kartasura di kendaraan bernomer lambung 2711 yang diawaki Aipda Johan Adhi P dan Brigadir Sutrisno. Mereka mengkoordinasikan pengawasan serta meminta Patroli Jalan Tol untuk terus bersama-sama memonitor situasi secara estafet.

Tiga gembong penjahat tidak berkutik di tangan anggota Sat PJR Kartasura | Foto: Dok. Ditlantas Polda Jateng
Baca juga: Jumlah Kendaraan Bermotor Terbesar Ke Tiga Nasional, Ditlantas Polda Jateng Intensifkan Pembinaan

Dipandu PJR nomer lambung 2708 yang  diawaki Aiptu Pono Daryono dan Bripka Edy Dwi, kendaraan yang dicurigai berhasil dihentikan di KM 423.000 B. Tiga pelaku ditangkap di Ruas Tol Ngawi – Solo.

Tiga gembong penjahat diborgol. Petugas menciduk mereka  berikut barang bukti. Para pelaku berikut kendaraan beserta uang sejumlah Rp 413.987.000, 7 unit hand phone beragam merk, beberapa tas, beberapa STNK dengan nomer berbeda-beda, diamankan di kantor SAT PJR unit 7 Kartasura yang posisinya tak jauh dari Pintu Tol Ngasem Solo. Setelah dilakukan koordinasi, perkara ditangani petugas berwenang.

“Malam itu juga koordinasi lintas institusi dilakukan menyeluruh dengan Polres Sragen tempat dimana penangkapan terjadi, serta Polres Jombang Polda Jatim tempat kejadian perkara (TKP) kasus pencurian uang,” jelasnya.

Arman Achdiat menuturkan, proses penangkapannya bukan hal yang mudah dilakukan dan berisiko. Perlu diketahui, plat kendaraan penjahat semula bernomor L 1387 NH di tengah jalan diganti dengan plat baru AA 8530 RF.

Menurut dia ini pengelabuan yang sulit terdeteksi CCTV, apalagi dengan mata telanjang. Bersyukur anggota Sat PJR Polda Jateng jeli dan cermat.

Penangkapan penjahat lintas provinsi oleh anggota PJR Polda Jateng mengindikasikan bahwa anggota memahami dan piawai mengimplementasikan secara cepat semboyan Polantas Candi dan Polantas Hadir yang baru diumumkan sehari sebelumnya. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*