Pengusaha Bus Pariwisata Diminta Ikuti Protokol New Normal

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo | Foto: jatengprov.go.id
Mari berbagi

JoSS, SEMARANG – Guna menghadapi masa transisi pada tatanan kenormalan baru (New Normal) yakni beraktifitas di tengah pandemi covid-19, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta kalangan pengusaha bus pariwisata melakukan penyesuaian.

“Tidak sulit kok caranya, yang penting bus harus bersih, apakah itu (bus) dipasangi UV atau dipasangi air purifying. Bisa juga supir dan kondekturnya pakai APD, ataukah jaraknya diatur dan wajib pakai masker,” kata Ganjar, Selasa (9/6).

Menurutnya, semua bidang usaha tak terkecuali pariwisata memang harus berubah karena wabah Corona. Ia menyadari, sektor wisata paling terpengaruh Covid-19. Banyak pengusaha transportasi wisata yang tak mengoperasikan armadanya.

Namun demikian, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah tengah bersiap melakukan kenormalan baru di bidang wisata.

“Seiring beberapa daerah telah menurun (tingkat penularan) kita dengan hati-hati melakukan simulasi. Kami harap anda (pengusaha bus wisata), bisa ikut menjadi bagian, terkait prosedur normal baru (di bidang transportasi wisata),” ujarnya.

Baca juga: Begini Aturan New Normal di SPBU

Ganjar menjelaskan, satu obyek wisata yang akan melakukan simulasi Normal Baru adalah Borobudur. Di Candi Budha yang terletak di Magelang itu, akan disimulasikan bagaimana protokol wisatawan memasuki destinasi, Rabu (10/6/2020).

“Jumlah pesertanya (simulasi) 50 orang. Setelahnya, akan dilakukan evaluasi apakah destinasi tersebut bisa dibuka tapi terbatas, mekanisme masuknya bagaimana, kemudian pelindung diri yang digunakan. Besok akan kita lihat,” katanya.

Menanggapi hal itu, Ketua Harian Asosiasi Pengusaha Transportasi Pariwisata Jateng Kuswidyo Aji mengaku siap menyesuaikan armada yang dimiliki oleh asosiasi dengan kenormalan baru.

“Insya Allah kita siap untuk menyikapinya, apakah itu dengan mengurangi kapasitas bus jadi separuh ataukah dengan pemasangan (penyekat) mika. Kita akan bicarakan dengan asosiasi. Proses ini (normal baru) juga perlu kerja sama dengan biro, hotel dan restoran,” ujarnya.

Ia mengakui sejak pandemi COVID-19 sekitar 1.000 armada bus pariwisata terpaksa tidak beroperasi sehingga berimbas pada kru bus wisata yang menjadi tidak bisa bekerja. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*