Ngesti Pandawa

COVID-19 UPDATE

KEMARIN

HARI INI

NAIK / TURUN

Total Penderita

29.521

30.514

2%

Kasus Baru

703

993

41%

Update: 6 Juni 2020 - Sumber: Kementrian Kesehatan RI

TPU Jatisari dan Ngadirgo Disiapkan Untuk Pemakaman Khusus Korban Virus Corona

Ilustrasi | Foto: wowkeren.com
Mari berbagi
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

JoSS, SEMARANG – Tempat Pemakaman Umum (TPU) Jatisari dan Ngadirgo, Mijen disiapkan untuk tempat pemakaman khusus jenazah pasien positif virus corona. Rencana Pemerintah Kota Semarang ini memanfaatkan lahan khusus di makam milik pemerintah daerah itu.

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi mengatakan pihaknya kini tengah memetakan beberapa tempat pemakaman umum milik Pemkot Semarang untuk digunakan sebagai pemakaman khusus korban virus corona.

“Kami sudah identifikasi beberapa tempat pemakaman di Semarang terutama tempat pemakaman umum milik Pemkot Semarang,” kata Hendi usai menyemprot disinfektan di Kota Lama Semarang, Selasa (31/3).

Dia menambahkan salah satu lokasi yang dipetakan yaitu di Ngadirgo, Mijen, Kota Semarang. Lokasinya memanfaatkan lahan Pemkot Semarang dan dilakukan hati-hati dengan memisahkan dari pemakaman umum.

“Ini sedang sebuah proses dari Pak Ali dari Dinas Permukiman untuk menata lokasi tersebut supaya nanti benar-benar steril dan ada dipisahkan dari TPU yang lain di daerah itu,” katanya.

Baca juga: 1.200 Titik Zona Merah Corona di Jateng Disterilkan

Hendi menjelaskan rencana itu sudah ada sejak beberapa pasien corona di Indonesia meninggal dunia. Maka pihaknya mempersiapkan hal itu.

“Sudah ada rencana, setelah beberapa korban meninggal kemudian ada kegalauan masyarakat di tempat pemakaman umum ya kita mesti merencanakan itu,” jelasnya.

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Semarang, Ali menambahkan ada dua lokasi yang dipetakan Jatisari dan Ngadirgo namun Ngadirgo yang paling siap. Dia menegaskan jarak pemakaman dengan permukiman sekitar 200 meter.

“Iya 2 hari ini saya dan tim survei di tempat TPU pemkot yang sekira cocok, yang pertama TPU Ngadirgo kedua BSB Jatisari. Sudah saya laporkan keadaan yang ada di lapangan bahwa TPU Ngadirgo lahan yang sudah siap dan sudah ditembok keliling tetapi belum pernah dipakai sama sekali, luas kurang lebih 4.000 m2,” jelas Ali, seperti dikutip dari Detik.com. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*