COVID-19 UPDATE

KEMARIN

HARI INI

NAIK / TURUN

Total Penderita

132.816

135.123

2%

Kasus Baru

2.098

2.307

10%

Update: 14 Agustus 2020 - Sumber: covid19.go.id

Keliaran Tidak Pakai Masker di Prancis Bakal Didenda Rp27 Juta

Petugas polisi di Prancis menyambangi seorang pria yang tengah berjalan melewati batu-batu yang sepi yang mengelilingi Menara Eiffel | Foto: dailymail.co.uk
Mari berbagi
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

JoSS, PARIS – Pemerintah Prancis membuat aturan denda maksimal 1.500 Euro atau sebesar Rp27 juta bagi warga yang berkeliaran tanpa mengenakan masker. Kebijakan ini diterapkan di sejumlah kota di negara itu menyusul terus meningkatnya jumlah warga yang positif terjangkit corona.

Kota Biarritz, misalnya, mengatur durasi publik boleh duduk di bangku tepi pantai, yang merupakan salah satu kegiatan populer di sana.

“Pemerintah Kota Biarritz telah melarang warga duduk di kursi-kursi di tepi pantai lebih dari dua menit,” begitu dilansir CNN,  pada Rabu, (8/4).

Larangan ketat juga dikeluarkan pemerintah Kota Paris, Prancis. Pemerintah kota menyatakan warga dilarang melakukan olar raga di luar ruangan dari pukul sepuluh pagi hingga pukul tujuh malam.

Sedangkan pemerintah Kota Sceaux, yang terletak di Prancis selatan, mengatakan telah mengeluarkan aturan agar warga mengenakan penutup hidung dan mulut saat ke luar rumah.

Baca juga: Rekor Baru, Korban Meninggal Akibat Covid-19 di Amerika Serikat Tembus 1.736 Per Hari

Setiap pelanggar yang tidak memakai penutup wajah akan dikenakan denda hingga maksimal 1.500 euro atau sekitar Rp27 juta.

“Penting bagi setiap orang memahami aturan pembatasan publik ini,” kata Jerome Salomon, direktur Kesehatan Prancis, seperti dilansir dari Tempo.co.

Akibat pengetatan kegiatan publik dan isolasi mandiri yang diberlakukan pemerintah Prancis, kegiatan ekonomi nyaris terhenti. Ini membuat ekonomi kwartal pertama menyusut enam persen.

Sedangkan di Jerman, pemerintah negara bagian Bavaria meminta warga tetap di rumah saat perayaan Paskah pada April ini.

Perintah ini dikeluarkan agar tidak terjadi penyebaran virus Corona antarwarga. Pemerintah juga melarang warga untuk pergi berjalan-jalan ke danau atau gunung hingga mengunjungi saudara. Padahal, ramalan cuaca menunjukkan kondisi bakal bagus pada akhir pekan ini.

Ada sekitar 99 ribu orang terinfeksi virus Corona di Prancis dengan sekitar 10 ribu orang meninggal dan 20 ribu orang sembuh. Sedangkan Jerman mencatat 103 ribu orang dengan sekitar 2 ribu orang meninggal dan 36 ribu orang berhasil sembuh. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*