Beroperasi Penuh 29 Maret, Begini Progres Pembangunan YIA

Yogyakarta International Airport (YIA) | Foto: elshinta.com
Mari berbagi

JoSS, KULONPROGO – Progres pembangunan Yogyakarta International Airport (YIA) pada awal bulan ini mencapai 94%. Bandara baru di Kulonprogo ini dijadwalkan beroperasi penuh pada 29 Maret mendatang.

Project Manager Pembangunan YIA PT Angkasa Pura I Taochid Purnama Hadi mengatakan, sisi proyek yang belum selesai yakni penyempurnaan terminal domestik dan internasional.

“Saat ini, kami mengejar migrasi terminal internasional yang sebelumnya digunakan untuk terminal minimum operasi,” katanya, seperti dikutip dari Antara.

Sementara itu, pembangunan gedung lain semua airside, infrastruktur jalan layang, gedung parkir sudah selesai dan dapat digunakan.

Dia menambahkan proyek seluruhnya ditargetkan selesai pada 14 Maret. Setelah itu Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan akan melakukan verifikasi, dan hasilnya akan ditindaklanjuti PT AP I sampai 28 Meret.

Pada Sabtu, 28 Maret malam, pesawat yang biasanya menginap di Bandara Adisutjipto Jogja sudah harus dipindahkan ke YIA. Pada Minggu, 29 Maret pagi, pesawat-pesawat yang dijadwalkan terbang pagi harus berangkat dari Bandara Internasional Yogyakarta.

Taochid mengungkapkan, jumlah ada 80 penerbangan atau 160 pergerakan pendaratan dan penerbangan (take off and landing) setiap harinya. Kemudian, penerbangan internasional masih sama seperti yang ada di Bandara Adisutjipto Yogyakarta, yakni SilkAir dan AirAsia.

Terkait dengan keindahan bandara baru ini, Taochid menjelaskan berbagai ornamen dan karya seni yang mengangkat budaya lokal. “Untuk artwork lumayan besar nilainya, dari satu bandara ini sekitar 60 Milyar, itu hanya untuk artwork sendiri,” katanya.

Instalasi seni yang dipasang tidak hanya sekedar untuk mempercantik tampilan tapi juga memiliki filosofi. Unsur kearifan lokal yang dipresentasikan karya seni juga memamerkan lima perwakilan gambaran desa yang terdampak pembangunan bandara.

Baca juga: Hati-hati Berkendara di Jogja, Tilang Elektronik Segera Diberlakukan

Lima desa yang terdampak tersebut adalah Sindutan Palihan, Kebonrejo, Jangkaran dan Glagah. Masing-masing dari kelima desa tersebut dibuatkan diorama yang ditempatkan di setiap sudut bandara.

“Interior yang berbeda ini kekuatannya ada di artwork selain dari sisi motif-motif kawung yang banyak bertebaran di area kolom dan lantai. Kemudian ada ronce bentuk bunga wijayakusuma yang ada disekeliling area terminal,” tutur Taochid.

Patung Hamemayu Hayuningrat yang berada di depan bandara mendeskripsikan sebuah penyambutan. Patung dengan sosok wanita yang berpakaian adat Jogja, dengan tangan sebelah kiri adalah simboliasi penyambutan dan tangan kanan yang memegang bokor tersebut memiliki arti kesuburan atau kemakmuran.

“Ada filosofinya sendiri, itu semua memang mencirikan dari Jogja jadi istilahnya sebelum ke Jogja melihat dulu bandaranya ada macam-macam karya seni seperti itu, kalau ingin melihat sebenarnya seperti apa silakan ke kota Jogja-nya,” tambah Taochid.

Masuk ke dalam bandara, pengunjung akan disambut Patung Bedhaya Kinjeng Wesi yang ada di area terminal keberangkatan. Selain itu, ada pula relief craft yang berada di sebagian dinding terminal, Lawang Papat yang berfungsi sebagai pintu keluar juga tidak luput dari sentuhan artistik dan masih banyak lagi.

Untuk memberikan pemahaman lebih kepada setiap karya seni kepada pengunjung pihak bandara akan membuatkan deskripsi di setiap karyanya.

Tidak hanya instalasi seni, Bandara baru tersebut juga menyiapkan ruang khusus untuk UMKM. Bandara dengan daya tampung 20 juta penumpang per tahun tersebut merupakan satu-satunya bandara yang mempunyai ruang khusus untuk UMKM.

“Di YIA ini satu-satunya bandara yang punya ruang khusus untuk UMKM berjualan dan luasnya itu kurang lebih 1500 meter persegi,” ungkap Taochid.

Ruang khusus UMKM tersebut nantinya diberi nama Pasar Kotagede. Lokasinya berada di area keberangkatan domestik bandara YIA. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*