fbpx

Ratu Elizabeth II Akhirnya Restui Pengunduran Diri Pangeran Harry Dari Keluarga Kerajaan Inggris

Mari berbagi
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

JoSS, LONDON – Ratu Elizabeth II akhirnya merestui keingingan cucunya, Pangeran Harry beserta istrinya Meghan Markle yang mundur dari anggota senior keluarga Kerajaan Inggris. Pernyataan itu diungkapkan usai menggelar pertemuan yang melibatkan Harry, Pangeran Charles, serta Pangeran William. Sementara Meghan hadir lewat sambungan telekonferensi.

Ratu mengatakan ‘merestui’ keinginan Harry dan Meghan tersebut.

“Hari ini keluarga saya menggelar diskusi konstruktif untuk membicarakan masa depan cucu saya dan keluarganya. Keluarga dan saya sepenuhnya mendukung keinginan Harry dan Meghan untuk menjalani hidup baru sebagai keluarga muda,” kata Ratu.

Ratu Elizabeth II mengatakan, meskipun ia lebih senang jika Harry dan Meghan tetap bergabung dengan keluarga kerajaan, tapi mereka menghargai dan menghormati hasrat pasangan itu untuk mendapatkan lebih banyak kebebasan.

Harry dan Meghan, kata Ratu, telah menjelaskan bahwa mereka tak ingin bergantung pada Sovereign Grant atau tunjangan kerajaan. Sebelumnya, berdasarkan peraturan Kerajaan Inggris, Harry, Meghan, dan putra mereka Archie berhak mendapatkan tunjangan yang merupakan dana publik tersebut.

“Telah disepakati bahwa akan ada periode transisi di mana mereka [Harry dan Meghan, Duke dan Duchess of Susex] menghabiskan waktu di Kanada dan Inggris,” kata Ratu yang menutup pernyataan dengan mengakui saat ini menjadi pengalaman kompleks bagi keluarganya.

Baca juga: Pengelola Museum Madame Tussauds Pindahkan Patung Lilin Harry Dari Keluarga Ratu Inggris

“Masih ada beberapa pekerjaan yang harus diselesaikan, tetapi saya telah meminta adanya keputusan final dalam beberapa hari mendatang.”

Seperti dikutip dari CNNIndonesia, kabar keinginan mundur ini disebut mengguncang Kerajaan Inggris, di mana sebelumnya Ratu Elizabeth II sempat meminta Harry untuk tidak mengumumkan secara terbuka. Tak hanya Ratu, keputusan itu juga mengecewakan para anggota keluarga kerajaan lainnya.

“Ratu amat kecewa dengan keputusan itu, meski ia sendiri sadar akan kegelisahan dari Harry-Meghan beberapa bulan terakhir dan amat peduli dengan kebahagiaan, juga kesejahteraan mereka,” kata sebuah sumber, beberapa waktu lalu.

“Banyak anggota keluarga yang amat kecewa dengan mereka. Sebagian menilai keputusan mundur itu amatlah egois,” lanjutnya.

Dalam pengumuman mundur pada Kamis (9/1), Harry dan Meghan mengatakan mereka bermaksud mudur sebagai anggota senior dari Keluarga Kerajaan. Mereka ingin mandiri secara finansial, dan menyatakan akan tetap mendukung kebijakan Ratu Elizabeth II. (lna)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *