Lama Hidup Tertekan, Pangeran Harry dan Meghan Mundur Dari Kerajaan Inggris

Pangeran Harry dan Meghan Markle | Foto: net
Mari berbagi

JoSS, INGGRIS – Pangeran Harry dan sang istri Meghan Markle memutuskan untuk hidup mandiri dan mundur dari anggota senior kerajaan Inggris. Keputusan mengejutkan itu diduga karena tekanan hidup sebagai bangsawan yang cukup besar dan berlangsung sekian lama.

Sebelumnya, Harry juga menyatakan tak ingin istrinya mengalami nasib serupa dengan mendiang ibunya, terkait status sebagai keluarga kerajaan Inggris.

Pangeran Harry dan istrinya, Meghan Markle, mengundurkan diri dari kapasitas mereka sebagai anggota “senior” keluarga Kerajaan Inggris untuk kemudian mandiri secara finansial.

Sebagaimana dipaparkan dalam pernyataan, Pangeran Harry dan Meghan juga mengatakan berencana membagi waktu antara Inggris dan Amerika Utara.

Dikutip dari BBC London, berdasarkan informasi yang diperoleh, keduanya tidak berkonsultasi dengan anggota keluarga kerajaan lainnya—termasuk Ratu Elizabeth II maupun Pangeran William—sebelum mengemukakan pernyataan itu.

Istana Buckingham “kecewa” dan para anggota senior keluarga kerajaan diketahui “terluka” oleh pengumuman Pangeran Harry dan Meghan.

Bagaimanapun, pasangan suami-istri tersebut mengaku keputusan tersebut diambil “setelah berbulan-bulan mempertimbangkan dan berdiskusi internal”.

Baca juga: Anggap Tak Berfaedah, Brad Pitt Tak Pernah Baca Pemberitaan Tentang Dirinya

“Kami berniat mengundurkan diri sebagai anggota ‘senior’ Keluarga Kerajaan dan bekerja untuk menjadi mandiri secara keuangan, seraya terus mendukung penuh Yang Mulia Ratu.”

Mereka juga menyebut berencana membagi waktu antara Inggris dan Amerika Utara selagi “terus menghormati tugas kepada Ratu, Persemakmuran, dan patron kami”.

“Ketidakseimbangan geografis ini akan memampukan kami untuk membesarkan putra kami dengan menghormati tradisi kerajaan, di mana dia dilahirkan, seraya memberi keluarga kami ruang untuk fokus pada bab selanjutnya, termasuk meluncurkan entitas amal kami yang baru.”

Juru bicara Istana Buckingham mengatakan diskusi dengan pasangan suami-istri (pasutri) bergelar Duke dan Duchess of Sussex mengenai keputusan mereka berada pada “tahap awal”.

“Kami paham hasrat mereka untuk mengambil pendekatan berbeda, namun ini adalah topik yang rumit dan memerlukan waktu untuk dibahas.”

Selama liburan Natal, pasutri tersebut cuti enam pekan dari tugas-tugas mereka sebagai anggota keluarga kerajaan untuk berlibur di Kanada bersama putra mereka, Archie, yang lahir pada Mei 2019.

Sekembalinya di Inggris pada Selasa (07/01), Harry, 35, and Meghan, 38, mendatangi Komisi Tinggi Kanada di London guna berterima kasih kepada negara itu yang menjamu mereka. Keduanya mengatakan keramahan yang mereka terima “luar biasa”.

Pengumuman tersebut diungkapkan Pangeran Harry dan Meghan Markle pada Rabu (8/1) waktu setempat atau Kamis dini hari WIB (9/1) melalui media sosial Instagram.

Menurut RoyalCentral.com yang dimaksud dengan senior royal atau anggota kerajaan senior ini bisa mempunyai banyak arti. Pertama adalah tiap anggota kerajaan yang menjalankan tugas sesuai kewajiban mereka.

Ada juga yang bilang anggota senior kerajaan adalah orang-orang yang akan mengambil tahta utama. Menurut sistem Monarki, anggota senior kerajaan meliputi Ratu Elizabeth, Duke of Edinburgh, Prince of Wales (Pangeran Charles), Duchess of Corwall (Camilla Bowles), Duke dan Duchess of Cambridge (Pangeran William dan Kate Middleton), Duke dan Duchess of Sussex (Pangeran William dan Meghan Markle), serta The Duke of York. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*