Ngesti Pandawa

COVID-19 UPDATE

KEMARIN

HARI INI

NAIK / TURUN

Total Penderita

64.958

66.226

2%

Kasus Baru

1.209

1.268

5%

Update: 7 Juli 2020 - Sumber: Kementrian Kesehatan RI

Ini Manfaat Yang Kamu Peroleh Saat Donor Darah

Ilustrasi | Foto: net
Mari berbagi
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

JoSS, SEMARANG – Baru-baru ini Unit Donor Darah PMI Banjarnegara mengumumkan persediaan darah yang menipis dalam tiga hari terakhir. Bahkan, stok darah yang tersedia hanya mencukupi untuk satu hari.

Kepala Unit Donor Darah PMI Banjarnegara Agus Budi Susanto mengatakan, permintaan darah dari bank darah sejumlah rumah sakit terus melonjak. Hal itu disebabkan beberapa faktor, antara lain meningkatnya jumlah pasien yang berkaitan dengan perubahan musim.

Disebutkan, persediaan darah pada Kamis (16/1) menyisakan 5 kantung golongan darah A, 5 kantung golongan darah B, 10 kantung golongan darah O dan 4 kantung golongan darah AB. Karena itu, sejumlah sukarelawan PMI Banjarnegara berbodong-bondong mendonorkan darahnya untuk menambah stok.

Bagi yang sudah terbiasa melakukan donor darah aktifitas mulia ini tidak ada masalah, namun bagi sebagian orang hal ini menimbulkan kengerian. Bisa dipahami, karena kurangnya pemahaman masyarakat soal manfaat donor darah.

Berikut manfaat donor darah yang JoSS.co.id rangkum dari berbagai sumber:

1. Memperpanjang Usia dan Bahagia

Menurut penelitian, berbuat baik bisa membuat seseorang hidup lebih lama. Konon, usia orang yang suka menolong orang lain, dan tidak egois, akan bertambah empat tahun lebih lama. Termasuk, melakukan donor darah.

Faktanya, orang yang mendonorkan darah terbukti lebih stabil kondisi pikirannya. Donor darah diyakini membuat seseorang merasa lebih bahagia dari sebelumnya. Bahagia karena dapat menolong sesama. Ternyata ini juga dapat meningkatkan kesehatan secara psikologis.

Baca juga: Wah, Minum Teh Bisa Bikin Panjang Umur

2. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Sebuah penelitian menunjukkan, jika seseorang rutin melakukan donor darah, kemungkinan terkena penyakit jantung 88 persen lebih rendah daripada mereka yang tidak melakukannya.

Selain itu, juga dapat membantu membuang kelebihan zat besi yang terdapat di dalam tubuh. Sebab, zat besi yang berlebihan dapat menyebabkan oksidasi kolesterol. Hasil dari proses oksidasi tersebut lama-kelamaan bisa menumpuk pada dinding arteri dan meningkatkan risiko terjadinya serangan jantung dan stroke.

3. Menurunkan Risiko Penyakit Kanker

Hingga saat ini, kanker menjadi salah satu penyakit yang sangat mematikan. Hal ini biasanya dikarenakan tingginya zat besi yang ada di dalam tubuh. Namun, dengan rutin melakukan donor darah, membuat jumlah zat besi lebih stabil, maka dapat juga menurukan risiko terkena kanker.

4. Membantu Menurunkan Berat Badan

Ketika mendonasikan darah sekitar 450 ml, maka akan terjadi proses pembakaran sebanyak 650 kalori. Jadi jika Anda rutin melakukannya, maka bukan tidak mungkin kamu akan mendapatkan tubuh yang ideal.

7. Membantu Deteksi Penyakit

Darah yang didonorkan akan dipastikan keamanannya melalui prosedur pemeriksaan yang telah ditetapkan. Maka dari itu, seseorang yang terdeteksi mengidap penyakit seriues, seperti hepatitis B, hepatitis C, malaira, dan HIV/Aid, tidak diperkenankan untuk melakukan donor darah, karna bisa ditularkan melalui darah.

8. Menjadi Lansia yang Sehat

Banyak orang tua yang memiliki kesehatan cukup baik dan prima di usianya yang tak muda lagi. Ini disebabkan karena mereka senantiasa menyumbangkan darahnya sejak muda sampai mereka tua.

9. Menurunkan Kolesterol

Manfaat donor darah yang terakhir adalah dapat menurunkan kolesterol, sehingga dapat membantumu dalam mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh. Dengan melakukan donor darah, kolesterol yang ada di dalam darah secara tidak langsung akan berkurang bersamaan dengan keluarnya darah yang lama. Gimana, masih takut donor darah? (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*