Jelang Libur Nataru, Airnav Cabang Denpasar Terima 367 Ekstra Flight

Ilustrasi | Foto: wartabalionline.com
Mari berbagi

JoSS, DENPASAR – Menjelang libur Natal dan Tahun Baru 2020 (Nataru) sejumlah maskapai penerbangan telah mengajukan tambahan jadwal penerbangan. AirNav Cabang Denpasar telah menerima pengajuan permintaan penambahan penerbangan sebanyak 367 ekstra flight per hari ini, Selasa (17/12).

Kristanto General Manager AirNav Cabang Denpasar merinci 367 ekstra flight tersebut terdiri atas 167 kedatangan, 180 keberangkatan dengan jumlah seat 75.972. “Maskapai-maskapai yang mengajukan ekstra flight saat ini sudah lima maskapai,” jelasnya di Kantor AirNav, Selasa (17/12).

Penerbangan tambahan tersebut diajukan Garuda Indonesia 46, Malindo 12, Airasia 239, Korean Airlines 14, dan Citylink 56. Ada beberapa penambahan citylink yang masih disesuaikan jumlahnya. “Demand-nya nanti kita cek lagi naik turunnya. Permintaan itu baru hari ini, besok tentu bisa berubah lagi,” imbuhnya.

Dia menjelaskan, puncak ekstra flight dimungkinkan bertambah apalagi puncak Nataru yang diprediksikan tanggal 21 Desember 2019 hingga 5 Januari 2020. “Tahun lalu, realisasi ekstra flight ada 308 penerbangan dari permintaan 811 ekstra flight,” jelasnya, seperti dikutip dari Bisnis.com.

Baca juga: Operasional Angkutan Barang Bakal Dibatasi Jelang Nataru

Dalam rangka menyambut Natal dan tahun baru Kristanto mengatakan pihaknya akan membuka posko yang dimulai pada tanggal 19 Desember 2019 sampai 6 Januari 2020.

Ariyanto Budinegoro, Supervisor Tower ATC AirNav Cabang Denpasar menjelaskan, persiapan timnya menyambut Nataru ini cukup baik. Bali termasuk paling aktif apalagi saat Nataru, Idul Fitri itu hari raya dan hari libur.

“Kami pastikan agar tidak ada masalah. Seperti memastikan semua equipment tidak bermasalah, kesehatan semua controller terjaga, kelengkapan kru juga terjaga,” tandasnya.

Sementara itu, tingkat kunjungan wisatawan di Pulau Dewata pada Nataru diprediksi naik 10 baik wisatawan domestik maupun mancanegara.

“Dari data pada bulan Desember tahun 2018 ada sekitar 500 wisatawan setiap bulannya dan terjadi peningkatan 10 persen dari tahun ke tahun. Jadi dapat diakumulasikan ada 550 per bulan yang masuk melalui Bandara I Gusti Ngurah Rai,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali Putu Astawa.

Ia mengatakan kunjungan masih didominasi oleh wisatawan asing asal Tiongkok, Australia, India, Eropa, dan Jepang. “Menurut survei kami, 65 persen wisatawan ke Bali karena faktor budaya, 30 persen menikmati keindahan alam, dan 5 persen karena faktor wisata buatan,” ucapnya.

Pihaknya juga berharap kunjungan dari wisatawan ke Bali dapat meningkat dari tahun-tahun sebelumnya, dan pihaknya akan terus rutin melakukan promosi Bali dengan memanfaatkan teknologi informasi. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*