Divisi Humas Polri Naik Status Jadi Badan Dipimpin Komjen

Karopenmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Argo Yuwono | Foto: tribratanews.polri.go.id
Mari berbagi

JoSS, JAKARTA – Struktur organisasi di Mabes Polri akan ada peningkatan status. Divisi Humas akan berubah menjadi Badan Humas Mabes Polri, dan nantinya akan dipimpin jenderal bintang tiga atau komisaris jenderal (komjen). Perubahan ini juga akan diterapkan di tingkat Polda dan Polres.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Argo Yuwono mengatakan dengan peningkatan status divhumas menjadi bahumas, diharapkan pesan lebih cepat sampai ke masyarakat.

“Pembentukan badan Humas bermacam-macam kegiatannya. Tentunya kita akan menyiapkan naskah akademik, SDM-nya, strukturnya, sarana dan prasarannya seperti apa,” katanya, seperti dikutip dari Kompas.com, Jumat (13/12).

Dia menuturkan tidak hanya polisi saja yang bekerja terkait rencana peningkatan status dari divisi humas menjadi badan humas.

Mantan Kabid Humas Polda Jawa Timur ini menambahkan, rencana tersebut juga masih berproses di kementerian terkait lainnya.

“Tim sedang bekerja. Tidak hanya polisi saja, tapi juga ada di Kementerian PAN-RB, Kementerian Keuangan, semua sedang berproses,” terangnya.

Baca juga: Kapolri Idham Aziz Merotasi Lima Kapolda Dari Sumatera Hingga Papua

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, Keamanan (Menko Polhukam) Machfud MD bertemu Kapolri Jenderal Polisi Idham Aziz di gedung ruang pertemuan utama (rupatama) Mabes Polri.

Dalam pertemuan tertutup, diantaranya juga membahas rencana peningkatan status Divisi Humas Polri Bakal Jadi Badan Humas. Machfud MD menyambut baik rencana tersebut.

“Bapak Menko Polhukam menyambut baik, karena melihat beban SDM Polri yang sekolah dan akan sekolah, itu sangat-sangat jauh jumlahnya dengan saat ini,” terangnya.

Rencana pembengtukan badan humas Polri ini sebelumnya pernah mencuat pada akhir November lalu. Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Mabes Polri Inspektur Jenderal Mohammad Iqbal mengatakan, program kenaikan Divisi Humas Polri menjadi Badan Humas Polri bisa terealisasi dalam satu tahun ke depan.

Nantinya, Badan Humas akan dipimpin seorang kepala dengan pangkat komisaris jenderal atau bintang 3.

“Saat commanderwish Pak Kapolri (Idham Azis), commanderwish pertama, beliau menyampaikan saya diperintahkan beliau untuk mengembangkan Divisi Humas menjadi Badan Humas. Jadi Kepala Divisi Humas menjadi Kepala Badan Humas atau Kabahumas, dipimpin bintang tiga,” kata Iqbal pada 28 November 2019. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*