fbpx

KAI Siapkan 12 Rangkaian Kereta Tambahan Hadapi Angkutan Libur Akhir Tahun

Mari berbagi
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

JoSS, SEMARANG – PT KAI Daerah Operasi (Daop) 4 Semarang menyiapkan empat rangkaian kereta api tambahan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang saat libur Natal dan Tahun Baru. Selain itu, ada 8 rangkaian KA tambahan lain yang merupakan rangkaian kereta tujuan berbagai daerah yang melintas di Daop 4

Kepala PT KAI Daop 4 Semarang M. Nurul Huda Dwi Santoso di Semarang, Jumat, mengatakan, empat rangkaian kereta tambahan itu masing-masing KA Argo Muria dan Argo Sindoro. “Empat rangkaian KA masing-masing jurusan Semarang-Jakarta dan Jakarta Semarang,” katanya, seperti dikutip dari Antara, Jumat (29/11).

Sementara itu, delapan kereta tambahan itu masing-masing KA Sembrani, KA Matarmaja, KA Brantas, dan KA Kertajaya. Masa angkutan Natal dan tahun baru, lanjut dia, akan mulai pada 19 Desember 2019 hingga 5 Januari 2020.

Ia mengungkapkan pada libur Natal dan tahun baru kali ini diperkirakan ada peningkatan jumlah penumpang sebesar 5 persen di bading periode yang sama tahun sebelumnya. “Perkiraan jumlah penumpang saat libur Natal dan tahun baru kali ini mencapai 463 ribu orang,” katanya.

Adapun tanggal 22 dan 29 Desember 2019, lanjut dia, merupakan waktu favorit masyarakat untuk melakukan perjalanan.

Ia meminta calon penumpang mempersiapkan diri sebaik mungkin dalam merencanakan perjalanan mengingat adanya perubahan sejumlah jadwal kereta mulai 1 Desember 2019.

Baca juga: PT KAI Bakal Luncurkan 4 Kereta Baru Desember Mendatang, Ini Rutenya

“Calon penumpang harus memastikan kembali jadwal perjalanan yang dipesan, cek kembali jam keberangkatan jangan sampai salah,” katanya.

Sebelumnya, PT Kereta Api Indonesia (Persero) sudah merilis jadwal pembelian tiket KA jarak jauh reguler dan KA lokal pada masa angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2019/2020.

Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI) Edi Sukmoro mengatakan tiket KA jJarak jauh reguler pada masa Nataru sudah dapat dibeli oleh masyarakat mulai 19 November 2019 atau 30 hari sebelum keberangkatan.

Adapun, untuk KA lokal sudah dapat dipesan masyarakat sejak 7 hari sebelum keberangkatan yakni pada 25 November 2019.

“Masyarakat sudah bisa memesan tiket KA pada H-30 untuk KA jarak jauh dan H-7 untuk KA lokal di seluruh kanal resmi penjualan tiket seperti KAI Access, situs resmi KAI, dan lainnya,” katanya, belum lama ini.

Dia menambahkan akan ada peningkatan kapasitas tempat duduk harian sebesar 4 persen menjadi 250.012 kursi dari 240.162 kursi pada 2018.

KAI, lanjutnya, akan mengoperasikan 404 perjalanan KA yang terdiri atas 374 KA reguler dan 30 KA Nataru. Jumlah ini naik 2,5 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, yakni 346 KA Reguler dan 48 KA Nataru. (lna)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *