Ngesti Pandawa

COVID-19 UPDATE

KEMARIN

HARI INI

NAIK / TURUN

Total Penderita

57.770

59.394

2%

Kasus Baru

1.385

1.624

17%

Update: 2 Juli 2020 - Sumber: Kementrian Kesehatan RI

PSSI dan Pemerintah Bentuk Tim Sukseskan Piala Dunia U20 2021

Ilustrasi | Foto: bola.net/indosport.com
Mari berbagi
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

JoSS, JAKARTA – Sekjen PSSI Ratu Tista Destria menyatakan pihaknya dan pemerintah akan membentuk dua tim terpisah untuk menyukseskan persiapan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U20 2021 mendatang.

Tisha mengatakan telah berkoordinasi dengan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali, Selasa (29/10). Dia juga menunjukkan surat resmi penunjukan sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2021 oleh FIFA sebetulnya diserahkan kepada PSSI dengan bantuan penuh dari pemerintah Indonesia.

Oleh karena itu, lanjutnya bakal ada dua tim terpisah yang akan dibentuk antara PSSI dan pemerintah. “Akan ada dua tim terpisah yang akan dibentuk khususnya antara PSSI dan pemerintah dalam area renovasi dan percepatan-percepatan terkait jaminan pemerintah yang telah ditandatangani,” ucap Tisha, seperti dikutip dari CNNIndonesia.

Sedikitnya ada delapan kementerian dan lembaga yang turut menyertakan dokumen wajib berupa jaminan sebagai salah satu persyaratan utama untuk PSSI maju jadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021.

Selain jaminan dari pemerintah yang ditandatangani Presiden Joko Widodo, terdapat pula jaminan dari Kementerian Keuangan, Kementerian Komunikasi dan Informasi, Kementerian Tenaga Kerja, Kementerian Hukum dan HAM, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kapolri dan setiap kepala daerah tempat venue penyelenggaraan Piala Dunia U-20.

Baca juga: GOR Manahan Bakal Jadi Lapangan Olahraga dan Konser Musik yang Nyaman

“Jadi nanti kepanitiaan ada di bawah PSSI langsung. Karena ini single event, jadi memiliki dewan pengarah, dewan pelindung langsung dari pemerintah Indonesia yang nantinya disusun bersama antara PSSI dan Kemenpora yang tentunya dipimpin Menpora beserta jajaran,” jelas Tisha.

Sedangkan untuk penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2021 akan dilakukan oleh PSSI bersama dengan beberapa negara lain yang sudah berkomitmen untuk turut membantu Indonesia sebagai tuan rumah. Sebut saja, Myanmar, Qatar, Bahrain, Jepang, Vietnam dan beberapa negara lain di kawasan Asia.

“Piala Dunia U-20 di Indonesia menjadi step dari rangkaian penting event sepak bola di Asia karena tahun 2022 akan ada Piala Dunia di Qatar. Jadi Piala Dunia U-20 mendapatkan atensi dari FIFA dan rekan-rekan di federasi lain,” kata Tisha.

Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum PSSI, Iwan Budianto menegaskan bahwa pemilihan stadion yang bakal digunakan sebagai venue pertandingan Piala Dunia U-20 2021 adalah keputusan FIFA. PSSI hanya menyodorkan beberapa stadion yang sesuai dengan persyaratan dari FIFA. PSSI telah menyiapkan sepuluh stadion untuk dipilih FIFA sebagai venue Piala Dunia U-20 2021.

Kesepuluh stadion itu adalah Stadion Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Pakansari (Bogor), Stadion Manahan (Solo), Stadion Kapten I Wayan Dipta (Bali), Stadion Mandala Krida (Yogyakarta), Stadion Jakabaring (Palembang), Stadion Wibawa Mukti (Cikarang), Stadion Patriot (Bekasi), Stadion Jalak Harupat (Bandung), dan Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya). (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*