Jangan Pakai Obat Tidur, Atasi Insomnia Dengan Cara Ini

Ilustrasi | Foto: google
Mari berbagi

JoSS, SEMARANG – Insomnia merupakan gangguan tidur yang membuat seseorang terjaga tiap malam atau mudah terbangun malam dan sulit untuk kembali tidur. Hal ini tentunya akan berpengaruh dengan kondisi tubuh Anda keesokan harinya.

Efek jangka pendek yang ditimbulkan dari kurang tidur antara lain stres, menurunnya produktivitas kerja, hilangnya konsentrasi, lemas, dan suasana hati (mood) terganggu. Sedangkan, insomnia kronis bisa berdampak jangka panjang pada kesehatan, seperti tekanan darah tinggi hingga memicu terjadinya penyakit diabetes.

Meskipun durasi tidur bermacam-macam tergantung usia dan aktivitas, umumnya orang dewasa membutuhkan setidaknya tujuh hingga delapan jam untuk tidur setiap malam. Salah satu penyebab insomnia sebenarnya diawali oleh adanya banyak alasan untuk menunda tidur.

Mulai dari menyelesaikan tugas atau pekerjaan, menghadiri pesta, sampai menonton acara televisi hingga larut malam. Padahal jika terbiasa memiliki kedisiplinan dalam hal kualitas tidur dan kuantitas durasinya, Anda akan mendapatkan manfaat itu di siang hari.

Tetapi jika masih berjuang melawan insomnia, cobalah untuk mengubah rutinitas tidur dan menghindari pencetus datangnya gangguan tidur. Ketika kita tidur, sebenarnya tubuh mengeluarkan hormon yang memengaruhi suasana hati, energi, ingatan, dan konsentrasi. Makanya, jangan sampai mengabaikan pentingnya tidur.

Nah, untuk Anda yang sedang mengalami sulit tidur di malam hari, berikut cara ampuh mengatasi insomnia dilansir dari berbagai sumber.

1. Waktu bangun dan tidur yang teratur

Bangunlah pada waktu yang sama setiap hari. Kebanyakan penderita insomnia mengganti waktu tidur malamnya dengan tidur di siang hari, yang sebenarnya tidak baik bagi tubuh.

Baca juga: Tidur Telentang Tak Disarankan Untuk Wanita Hamil

Atur waktu bangun Anda dengan terjadwal di pagi hari, meski Anda mengalami kesulitan tidur pada malam harinya. Anda harus membiasakan bangun dengan teratur terlebih dahulu agar tubuh bisa mengatur waktu kapan Anda akan bisa tidur pada malam hari di kemudian hari.

2. Gunakan kasur hanya untuk tidur

Salah satu penyebab insomnia lainnya adanya aktivitas di tempat tidur yang berlebihan. Jika Anda melakukan aktivitas sehari-hari di tempat tidur seperti makan, bermain laptop, menonton tv, membaca buku, dan lain sebagainya di tempat tidur, segeralah hentikan semua aktivitas tersebut.

3. Buat tempat tidur yang nyaman

Buat kamar tidur Anda senyaman mungkin. Atur suhu, pencahayaan, dan keheningan di kamar agar membuat suasana yang kondusif untuk tidur.

4. Makan malam lebih awal

Makan malam lebih awal membuat Anda akan merasakan rasa kantuk lebih cepat di malam harinya karena energi dari makanan yang benar-benar terserap. Cobalah makan malam sekitar 3-4 jam sebelum tidur.

5. Kurangi konsumsi kafein dan alkohol

Minuman mengandung kafein seperti kopi dan teh dapat membuatmu terjaga di malam hari. Hindari mengonsumsinya pada malam atau jam-jam menjelang tidur. Sementara, alkohol memang dapat dapat memberikan efek tenang beberapa saat setelah mengonsumsinya, namun setelah masa itu terlewat justru bisa meningkatkan kesadaran dan kegelisahan.

6. Singkirkan beban pikiran

Sekalipun Anda adalah orang yang sibuk dan memiliki banyak pekerjaan di kantor, tetap saja menjelang tidur tak perlu merisaukan hal-hal yang akan terjadi besok. Anda harus benar benar dalam kondisi yang rileks sebelum tidur. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*