Belasan Kios Hangus Pasar Nglangon Sragen Terbakar

Warga tengah berusaha memutus titik api dengan merobohkan sejumlah kios di Pasar Nglangon Sragen yang terbakar Senin (30/0) malam | Foto: Istimewa
Mari berbagi

JoSS, SRAGEN – Pasar Nglangon Kabupaten Sragen Jawa Tengah terbakar pada Senin (30/9) petang. Api mulai menyala dari bagian tengah pasar lalu meluas kebagian utara dan menghanguskan belasan kios. Hingga malam proses pemadaman masih berlangsung.

Kapolsek Sragen Kota, Iptu Mashadi hingga kini masih belum diketahui penyebab kebakaran dan terus melakukan penyelidikan. Sementara itu besarnya kerugian materiil belum bisa ditaksir.

Dia menambahkan pihaknya kini tengah fokus untuk memadamkan api, tiga unit pemadam kebakaran telah dikerahkan.

“Saat ini masih dilakukan pemadaman. Apinya cukup besar karena banyak material kayu,” katanya seperti dikutip dari detikcom.

Sementara itu menurut Kepala Markas PMI Sragen, Wahdadi, kebakaran tersebut terjadi pukul 18.05 WIB. Pihaknya telah bersiaga di lokasi kejadian untuk membantu pemadaman.

“Awalnya (api) berasal dari bagian tengah pasar. Tapi sekarang sudah merambat ke bagian utara. Belum dihitung total kios yang terbakar, sementara (jumlahnya) belasan,” terangnya.

Api sangat mudah membesar karena pasar Nglangon tersebut menjual bambu dan kayu sehingga sangat mudah terbakar. Warga berusaha mengantisipasi merembetnya api dengan merobohkan kios yang ada untuk memutuskan titik api.

Baca juga: Revitalisasi Pasar Klewer Akhirnya Bisa Dimulai Oktober

Menurut sejumlah pemilik kios, api kali pertama berkobar sehabis magrib. Kios yang terbakar adalah deretan kios kayu, bambu, dan penyembelihan ayam. Saat kejadian, sebagian besar kios sudah tutup. Namun sebagian kios utamanya yang warung, masih buka.

“Tadi saya pas tiduran. Tiba-tiba ada suara pletok-pletok dan saya keluar, api sudah berkobar. Nggak tahu asal apinya dari mana. Tapi langsung membesar membakar kios bambu dan kayu,” papar Sri Hartatik (42) salah satu pemilik warung di Pasar Nglangon.

Melihat kobaran api terus membesar, ia bersama dua rekannya langsung berhamburan menyelamatkan diri. Saking paniknya, ia tak sempat menyelamatkan barang-barang yang ada di warungnya.

“Saya langsung lari keluar Mas. Apinya besar sekali, sebagian barang nggak sempat diselamatkan. Yang penting kami selamat dan nggak ada korban. Yang terbakar ada puluhan kios Mas. Semua habis,” tuturnya seperti dikutip dari Joglosemar.com.

Ia menyebut lokasi kios yang terbakar berada di bagian barat. Menurutnya ada puluhan kios bambu, kayu dan penyembelihan ayam yang ludes dilalap api.

Kondisi kios yang mayoritas berisi bambu, kayu dan bahan mudah terbakar, membuat kobaran api makin menjadi. Hingga berita ini diturunkan, sejumlah mobil pemadam masih dikerahkan berjibaku memadamkan kobaran api.

Sekda Sragen, Tatag Prabawanto sekaligus Plt Kepala Dinas Perdagangan Sragen membenarkan insiden kebakaran di Pasar Nglangon tersebut.

“Saat ini masih dilakukan upaya pemadaman,” terangnya. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*