fbpx

Aries Susanti, ‘Spiderwoman’ Asal Grobogan Yang Pecahkan Rekor Dunia

Mari berbagi

JoSS, CHINA – Warga Grobogan Jawa Tengah patut berbangga, salah satu putri daerah dari ini mengharumkan nama bangsa Indonesia di kancah internasional. Aries Susanti Rahayu memecahkan rekor dunia usai mencatatkan waktu 6,995 detik pada Kejuaraan International Federation of Sport Climbing (IFSC) World Cup di Xiamen, China, Sabtu (19/10).

Atlet panjat tebing putri Indonesia ini, menorehkan waktu tercepatnya di nomor woman speed yang sekaligus mengalahkan rekor yang sebelumnya dipegang Yiling Song dengan waktu 7,101 detik. Aries berhak meraih medali emas di ajang ini.

Seusai memecahkan rekor, Aries tak bisa menutupi kegembiraannya. Atlet panjat tebing asal Grobogan, Jawa Tengah itu senang karena berhasil mewujudkan mimpinya.

“Saya bersyukur kepada Allah atas prestasi ini. Saya senang sekali akhirnya bisa pecah rekor. Ini yang saya impikan. Saya persembahkan prestasi ini untuk Indonesia,” kata dia.

Dikutip dari CNNIndonesia, keberhasilan memecahkan rekor dunia melengkapi gemilang prestasi Aries sejak 2017. Perempuan berusia 24 itu berhasil meraih medali emas dari nomor speed relay women saat berlangsungnya Asian Championship tahun 2017.

Baca juga: Luis Milla Siap Jika Diminta Kembali Latih Timnas Indonesia

Setahun berselang, Aries kembali meraih medali emas di ajang Asian Games. Dua emas berhasil dipersembahkan Aries untuk Indonesia dari nomor speed women dan speed relay women.

Sukses Aries saat ini ditengarai karena kerja keras sejak masih belia. Aries memang sudah akrab dengan dunia olahraga sejak masih duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Aries sempat menekuni olahraga atletik di SMP Negeri 1 Grobogan. Tak lama, kecintaannya pada olahraga panjat tebing muncul ketika menonton kejuaraan tersebut di layar televisi.

Sejak usia 12 tahun Aries pun sudah membulatkan tekad ingin jadi atlet panjat tebing.

Komitmen dan ketekunan Aries berbuah kepercayaan dari sang pelatih untuk mengikuti kejuaraan tingkat nasional pada 2008. Aries berhasil naik ke podium dengan meraih perak.

Debut pertama Aries di level internasional terjadi di kejuaraan Asian Continental Championship di Teheran, Iran, tahun 2017. Turun di nomor speed women, Aries meraih medali perunggu.

Dalam waktu relatif singkat, Aries pun berhasil medali emas di kejuaraan Asia, Asian Games, dan kini memecahkan rekor dunia di nomor speed women. (lna)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *