Kurang Sehari, Pendaftar Bacalon Peserta Pilkada 2020 PDIP Belum Terima Berkas

Ilustrasi DPC PDI Perjuangan Kota Semarang | Foto: suaramerdeka.com
Mari berbagi

JoSS, SEMARANG – Kurang sehari batas waktu penutupan pendaftaran bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Semarang tahun 2020, Daewan Pimpinan Cabang PDIP Semarang mengaku belum menerima berkas pengajuan.

Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kota Semarang, Kadarlusman mengatakan, hingga Kamis (19/9) belum ada calon yang mendaftarkan diri ke DPC PDI Perjuangan meski telah membuka pendaftaran bakal calon sejak Senin (16/9). Adapun pendaftaran bakal calon akan ditutup pada Sabtu (21/9).

Meski demikian, ia yakin para kandidat akan mendaftarkan diri pada detik-detik terakhir penutupan pendaftaran. Jika hingga hari terakhir belum ada yang mendaftarkan diri, DPC PDI Perjuangan Kota Semarang akan berkoordinasi dengan DPP PDI Perjuangan.

“Kalau tidak ada yang mendaftarkan sama sekali, kok rasanya tidak mungkin. Saya yakin nanti pasti ada yang daftar meski dipepetkan. Kalau tidak ada yang mendaftar nanti kami koordinasi dengan DPP aoakah waktu pendaftaran diperpanjang atau bagaimana,” ujar Pilus, sapaan akrabnya, seperti dikutip dari Tribunjateng.

Dikatakan Pilus, pendaftaran ini tidak hanya diperuntukkan bagi kader PDI Perjuangan saja melainkan terbuka untuk masyarakat umum.

Pihaknya melayani pendaftaran di kantor DPC PDI Perjuangan yang lama, Jalan Barusari I nomor 9 Semarang Selatan, maupun kantor baru di Jalan Untung Suropati nomor 12 Manyaran Semarang Barat.

Baca juga: Ini Daftar 21 Daerah di Jateng Peserta Pilkada Serentak 2020

“Mekanismenya calon mengambil berkas, diisi, dikumpulkan. Verifikasi berkas akan dilakukan pada 22 September. Setelah itu kami akan teruskan kepada DPP sebagai usulan,” terangnya.

Pihaknya juga membuka kesempatan bagi pendaftar dari luar Kota Semarang. Partai berlambang banteng moncong putih ini juga bersedia untuk berkoalisi dengan partai politik (parpol) lain.

“Pada prinsipnya kami terbuka bagi siapapun yang hendak mendaftar. Instruksi dari DPP juga memperbolehkan,” ucapnya.

Dia mengatakan DPC PDI Perjuangan Kota Semarang memang sengaja membuka pendaftaran untuk kandidat bakal Wali Kota dan Wakil Wali Kota Semarang lebih awal daripada partai lain agar persiapan lebih matang dan lebih siap menghadapi kontestasi Pilkada 2020.

Terkait dengan potensi calon yang bakal melenggang di Pilkada 2020 Kota Semarang, lanjut Pilus, sejauh ini pandangan DPC PDI Perjuangan Kota Semarang baru tertuju pada Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Semarang, Hendrar Prihadi.

Mengingat, selama masa kepemimpinannya, perubahan Kota Semarang dinilai cukup progresif. “Yang jelas kami mengusung ketua (DPC PDI Perjuangan). Untuk apakah beliau sudah mengambil atau mengembalikan berkas persyaratan, tanya saja langsung dengan yang bersangkutan,” katanya. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*