fbpx Press "Enter" to skip to content

Tips Menyimpan Daging Agar Kualitas Tetap Terjaga

Senin, 12 Agustus 2019
Mari berbagi

JoSS, SEMARANG – Daging merupakan salah satu priduk hewani yang sangat rentan terhadap perkembangan bakteri. Jika penyimpanan tidak dilakukan dengan benar, maka kualitas daging bisa menurun bahkan menjadi sumber bakteri.

Untuk itu, sangat penting mengetahui cara penyimpanan daging agar kualitasnya tetap terjaga. Umumnya, daging segar bsia bertahan dalam kulkas selama tiga hari. Jika ingin penyimpanan lebih lama lagi, daging harus dibekukan di dalam fresher.

Dikutip dari Tempo.co, sebelum memegang daging atau makanan apa pun yang akan disimpan di kulkas, cuci tangan Anda setidaknya 20 detik sebelum memegang daging. Sebab, bakteri di tangan dapat menyebar dengan cepat ke daging.

Karena bakteri dapat menyebar cepat, pisahkan penyimpanan daging dari makanan lainnya di kulkas. Sebagian kulkas memiliki kompartemen daging di bagian bawahnya, tapi sebagian besar tidak.

Baca juga: Tips Agar Anak Suka Konsumsi Makanan Sehat

Untuk yang tidak memiliki tempat khusus, Anda bisa meletakkannya di rak terendah. Tujuannya adalah agar cairan yang ada di daging mentah tidak menyebar ke makanan lain.

Daging mentah yang tidak diawetkan umumnya bisa bertahan selama sekitar tiga hari di kulkas. Atur suhu kulkas Anda di sekitar 34 derajat Fahrenheit atau 1,1 derajat Celcius untuk memperpanjang umur simpan makanan.

Jika Anda berencana untuk menyimpan daging mentah lebih lama, cara terbaiknya adalah membekukannya di freezer. Sebelum disimpan di freezer, kemas daging dalam wadah yang aman. Anda bisa memilih plastik kedap udara untuk menjaga kualitas makanan.

Sebaiknya simpan daging dalam bungkusan untuk sekali masak jangan lupa menuliskan tanggal penyimpanan. Daging mentah di freezer dapat bertahan selama sekitar 6 bulan.

Pastikan suhu freezer 0 derajat Fahrenheit atau 17,8 derajat Celcius untuk membantu mempertahankan nutrisi dan menjaga makanan tetap segar. (lna)

Jadi yang pertama berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

joss.co.id