Kawasan Joglosemar Dapat Kucuran Dana Rp2,1 Triliun, Untuk Apa?

Kawasan Joglosemar | Foto : google
Mari berbagi

JoSS, MAGELANG – Pemerintah memnerikan anggaran khisis senilai Rp2,1 triliun untuk pembenahan infrastruktur dan utilitas dasar di kawasan segitiga emas Jogja, Solo, dan Semarang alias Joglosemar. Hal itu menyusul, telah ditetapkan sebagai destinasi super prioritas untuk mengerek kunjungan wisatawan asing.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan di wilayah tersebut terdapat Candi Borobudur yang akan menjadi ikon utama. Dengan status ini, pemerintah memberikan anggaran khusus dengan nilai Rp2,1 triliun untuk pembenahan infrastruktur dan utilitas dasar.

Besaran anggaran ini, tujuh kali lipat alokasi tahun sebelumnya yang hanya Rp300 miliar.

“Tujuannya, semua infrastruktur dan utilitas dasar, seperti jalan, bandara, dermaga air, dan listrik di Joglosemar harus tuntas selambat-lambatnya 2020. Jadi, tahun depan infrastruktur dan utilitas dasar Joglosemar harus selesai,” katanya seperti dikutip dari Tempo, Sabtu (24/8).

Para pemimpin daerah masing-masing pun diminta untuk berkoordinasi terkait infrastruktur apa saja yang dibutuhkan di kawasan tersebut, bersama dengan Badan Otorita Borobudur.

Kehadiran Yogyakarta International Airport (YIA) juga diyakini dapat mendorong pertumbuhan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman). Arief berharap rute penerbangan internasional yang melalui bandara ini diperbanyak.

“Kemenpar akan mendukung 100 persen jika ada penerbangan baru dari luar negeri karena 6 bulan penerbangan pertama, misalnya dari China, Malaysia, Singapura, Kamboja, itu memang harus disubsidi,” tuturnya.

Dengan berbagai fasilitas pendukung, termasuk infrastruktur, kunjungan wisman ke Joglosemar ditargetkan meningkat menjadi 2 juta dalam 5 tahun ke depan. Apabila target tersebut tercapai, maka devisa yang dihasilkan diproyeksi mencapai US$2 miliar.

Baca juga: Genjot Pariwisata, 3 Dermaga Baru di Bali Segera Dibangun

Sementara itu, persoalan yang kini dihadapi oleh pengelola Candi Borobudur yakni kelebihan pengunjung. Oleh karena itu, pengembangan wisata alternatif di sekitar kawasan candi menjadi sangat penting.

Direktur Pemasaran Pariwisata BOB Agus Rochiyardi menyampaikan, pengembangan area di sekitar Candi Borobudur kian penting, karena candi sebagai warisan dunia (world heritage) sudah kelebihan beban. Kapasitas maksimal pengunjung candi sebetulnya hanya 128 orang per hari atau 21.120 orang per tahun.

Namun demikian, jumlah pengunjung Candi Borobudur membludak mencapai 4,6 juta orang per tahun, dengan komposisi wisatawan lokal 90% dan asing 10%.

“Untuk mengurangi beban Borobudur, kami prioritaskan pengembangan di sekitar kawasannya,” paparnya di Magelang, belum lama ini.

BOB mengelola kawasan di sekitar Candi Borobudur seluas 309 ha. Namun, tidak semua lahan bisa dikembangkan karena meliputi perbukitan dan tebing Pegunungan Menoreh.

Ada sekitar 50 ha lahan yang dinilai paling potensial dan aman untuk dikembangkan lebih lanjut sebagai sarana amenitas. Saat ini, sudah ada tiga investor yang menyatakan minat mengelola lahan tersebut.

Adapun, 259 ha lahan sekitar Candi Borobudur lainnya dikelola BOB bersama dengan Perhutani. Area tersebut akan dibuat untuk sarana rekreasi kebudayaan, petualangan (adventure), serta kesehatan dan olah raga. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*