COVID-19 UPDATE

KEMARIN

HARI INI

NAIK / TURUN

Total Penderita

128.776

130.718

1%

Kasus Baru

1.693

1.942

15%

Update: 12 Agustus 2020 - Sumber: covid19.go.id

Ibunda SBY, Siti Habibah Meninggal Dunia

Ibunda SBY, Siti Habibah, meninggal dunia | Foto: wowkeren.com
Mari berbagi
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

JoSS, JAKARTA – Kabar duka datang dari keluarga Presiden RI ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Ibunda SBY, Siti Habibah, meninggal dunia di Rumah Sakit Mitra Keluarga Cibubur, Jumat (30/8) pada pukul 19.21 WIB.

Hal itu dikonfirmasi oleh Wasekjen Partai Demokrat Rachland Nashidik kepada wartawan, Jumat (30/8)

“Innalillahi wainnailaihirajiun. Telah berpulang ke rahmatullah, Ibu Siti Habibah, ibunda dari Bapak Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), pada hari Jumat, tanggal 30 Agustus 2019, pukul 19.21 WIB di RS Mitra Keluarga Cibubur,” katanya, seperti dikutip dari Detik.com.

Ibunda SBY rencananya bakal disemayamkan di Cikeas. Pemakaman direncanakan dilaksanakan pada Sabtu, 31 Agustus 2019.

“Rencananya, jenazah disemayamkan di kediaman pribadi Bapak SBY di Puri Cikeas untuk selanjutnya dimakamkan besok pada hari Sabtu, tanggal 31 Agustus 2019. Tempat menyusul,” sebut Rachland.

“Semoga Allah SWT mengampuni segala kesalahan almarhumah dan semoga seluruh amal baik almarhumah diterima Allah SWT,” imbuh dia.

Sebelumnya, Staf pribadi SBY, Ossy Dermawan mengatakan ibunda SBY sebelumnya dirawat di RS di Cibubur karena sakit. Siti Habibah dikabarkan jatuh sakit karena usia. “Sakit karena sudah tua,” katanya belum lama ini.

Seperti diketahui, tahun 2019 menjadi tahun duka bagi keluarga Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Bagaimana tidak, setelah kehilangan istri, Ani Yudhoyono, akibat penyakit kanker darah di pertengahan tahun, kini SBY harus merelakan kepergian ibunda tercinta Siti Habibah.

Baca juga: Kasus Lakalantas di Tol Cipali Diklaim Turun, Ini Penyebabnya

Siti Habibah atau Eyang Habibah meninggal di usia 92 tahun di RS Mitra Keluarga Cibubur, Jawa Barat, Jumat (30/8). Ia meninggal pukul 19.21 WIB akibat penyakit komplikasi yang sudah lama ia derita.

Karena faktor usia, sehari-hari Eyang Habibah memang sudah tidak aktif dan hanya bisa beraktivitas di tempat tidur. Namun, pada Kamis, 8 Agustus 2019, tiba-tiba kondisinya menurun.

Eyang Habibah pun harus dilarikan ke rumah sakit terdekat dari Cikeas. Saat itu, ia langsung dibawa ke ruang ICU dan dirawat hingga mengembuskan napas terakhir.

Dikutip dari Kumparan.com, Eyang Habibah merupakan putri dari salah satu pendiri Pondok Pesantren Tremas di Pacitan, Jawa Timur. Di pondok inilah, anak semata wayangnya dengan Raden Soekotjo, Susilo Bambang Yudhoyono, lahir.

Suaminya, Raden Soekotjo, merupakan prajurit TNI yang juga keturunan Nyai Ageng Ibnu Umar binti Ki Ageng Muhammad Besari. Usai pensiun, Raden Soekotjo memilih mengajar di pondok pesantren milik keluarga Eyang Habibah.

Di pondok inilah SBY lahir dan tumbuh besar. Ia lalu mengikuti jejak Sang Ayah menjadi prajurit TNI, hingga bertemu kekasih hatinya, Ani Yudhoyono, putri Jenderal Sarwo Eddie.

Namun, di tahun ini, SBY harus kehilangan dua sosok perempuan hebat di balik kesuksesannya. Hanya tiga bulan setelah AniYudhoyono meninggal, kondisi Eyang Habibah menurun hingga tutup usia. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*