Hari Ini Kemenlu Gelar Diplomacy Festival di Sejumlah Kampus di Semarang

Ilustrasi | Foto: google
Mari berbagi

JoSS, SEMARANG – Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia bakal menggelar Diplomacy Festival (Festival Diplomasi) di Kota Semarang, Jawa Tengah, pada hari ini Kamis (29/8) dan Jumat (30/8) di sejumlah universitas di Semarang.

Direktur Informasi dan Media Kemenlu RI Listiana Operananta mengatakan Festival Diplimasi ini bertujuan menginsipirasi generasi muda, khususnya mahasiswa dan pelajar untuk menjadi bagian dari diplomasi Indonesia.

“Berbagai materi tentang diplomasi luar negeri akan digelar dalam Diplomacy Festival mendatang,” katanya, seperti dilansir Antara.

Rangkaian kegiatan pada Diplomacy Festival antara lain, public lecture, gelar bincang bersama Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Edu Fair and Friends of Indonesia, simulasi sidang multilateral, sidang bilateral, pelatihan public speaking dan keprotokolan serta simulasi testoefl/IELTS.

Kegiatan diawali dengan public lecture eselon I Kemenlu di sejumlah universitas di Kota Semarang pada tanggal 29 Agustus, di antaranya di Unnes, Unika Soegijapranata, Universitas Wahid Hasyim, Universitas Islam Sultan Agung, Universitas Muhammadiyah Semarang, dan Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW).

“Puncak rangkaian kuliah umum adalah talkshow bersama Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi pada Jumat (30/8) pukul 09.00-11.00 WIB di Auditorium Prof. Soedarto Universitas Diponegoro,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Menlu RI akan menyampaikan pencapaian-pencapaian Diplomasi RI dan berbagi bagaimana generasi muda Semarang dapat menjadi Duta Indonesia.

Festival Diplomasi pada (30/8) akan dimulai pukul 10.00 WIB di Kawasan Simpang Lima Semarang, di mana sekitar 20.000 pelajar/mahasiswa dari berbagai universitas, SMA, SMK, Madrasah, serta SLB di Semarang diharapkan dapat terlibat aktif untuk menyelami diplomasi Indonesia secara langsung.

Direktur Diplomasi Publik Kemenlu Azis Nurwahyudi menambahkan bahwa pada Diplomacy Festival mendatang, para pelajar akan berkesempatan untuk mengunjungi berbagai gerai yang dibagi dalam beberapa area Edu Fair.

Area Edu Fair akan menghadirkan perwakilan kedutaan, konsulat dan institusi asing sebagai bagian dari area Friends of Indonesia dan mengajak para pengunjung untuk belajar budaya asing dan memperoleh informasi pendidikan dari lembaga-lembaga pemberi beasiswa di area.

Baca juga: RI-Jerman Perkuat Kerjasama Ekonomi

“Edu Fair juga akan menghadirkan perwakilan universitas-universitas di Semarang serta menyebarkan informasi dan kesempatan Beasiswa LPDP,” tuturnya.

Sementara pada area soft skill, para pelajar dapat ikut merasakan menjadi wakil Indonesia membahas isu perdamaian dunia dalam simulasi sidang Dewan Keamanan PBB.

Selain itu, peserta juga diajari bagaimana bernegosiasi dengan negara lain dalam simulasi sidang bilateral, mendapat tips dan trik untuk berbicara di depan umum dan belajar menjadi juru bicara.

Pada rangkaian kegiatan Diplomacy Festival juga diselenggarakan workshop keprotokolan luar negeri se-Jawa Tengah yang diikuti oleh seluruh perwakilan protokol dari kabupaten/kota di Jateng.

Workshop ini dimaksudkan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman terkait sejumlah hal tentang diplomasi dan tata cara menerima tamu internasional. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*