Ganjar Siapkan Rp1 Triliun lebih Untuk Pendidikan Gratis

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo | Foto: jatengprov.go.id
Mari berbagi

JoSS, SEMARANG – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyiapkan anggaran pendidikan Rp1 triliun lebih untuk menggratiskan sekolah bagi siswa-/siswi miskin di Jateng. Saat ini tengah dilakukan pembahasan terkait penganggaran dana pendidikan tersebut.

“Sekarang sedang dibahas anggarannya, mudah-mudahan lancar. Kami ingin menjamin mereka yang benar-benar miskin, kami pastikan sekolahnya gratis,” kata Ganjar usai mengikuti dialog terbuka terkait dengan pelayanan dengan Ombudsman Republik Indonesia (ORI) Perwakilan Jawa Tengah di Kantor PWI Jateng, Semarang, Rabu (14/8)

Seperti dikutip dari Antara, Ganjar menilai, program sekolah gratis bagi siswa/siswi miskin tersebut akan dimulai pada tahun 2020.

Politikus PDI Perjuangan itu menegaskan bahwa yang menjadi prioritas sekolah gratis di Jateng adalah siswa/siswi miskin sebab pelajar yang orang tuanya tergolong mampu, tidak perlu digratiskan.

“Orang mampu, kok, dibantu, apa tidak salah? (Sekolah gratis) kami prioritaskan untuk siswa miskin terlebih dahulu,” ujarnya.

Baca juga: Sah Miliki PRPP, Ganjar: Sudah Banyak Investor Ingin Garap Hotel

Sebagai upaya meningkatkan kualitas pendidikan di Jateng, lanjut Ganjar, pihaknya tidak hanya fokus pada siswa, tetapi juga tenaga pendidikan.

“Jawa Timur dan Jawa Barat itu guru honorernya belum UMK lo gajinya, Jateng honorer SMA/SMK sudah semuanya UMK, jadi not bad-lah’,” katanya.

Selain untuk menggratiskan biaya sekolah bagi siswa miskin, penambahan anggaran pendidikan juga untuk mendukung program pemerintah dalam memfavoritkan semua sekolah sehingga nantinya, anggaran itu digunakan untuk menambah sarana prasarana sekolah-sekolah pinggiran agar setara dengan sekolah perkotaan.

“Jadi, kalau Pak Mendikbud bilang tidak boleh ada sekolah favorit, jalan satu-satunya adalah memfavoritkan semua sekolah. Nah anggaran itu nanti kami gunakan untuk itu,” ujarnya.

Ganjar menyebutkan banyak sekolah yang terletak di daerah pinggiran Jateng masih kekurangan sarana dan prasarana. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*