Kini TKI Dapat Berkirim Uang Lewat Rekening Ponsel

Ilustrasi | Foto: google
Mari berbagi

JoSS, JAKARTA – Bank Indonesia (BI) dan Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) mendorong Pekerja Migran Indonesia (PMI) di luar negeri untuk memanfaatkan layanan remitansi nontunai menggunakan rekening ponsel.

Hal ini untuk mewujudkan layanan pengiriman uang yang terpercaya, aman, mudah, cepat, dan terjangkau dalam pengiriman dana kepada keluarganya di Indonesia.

Mendukung hal tersebut, PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) memfasilitasi layanan remitansi nontunai dengan mengoptimalkan keunggulan produk perbankan digital Rekening Ponsel, yang bersinergi dengan SpeedSend yakni layanan remitansi dari CIMB Islamic Bank Malaysia.

Chief of Corporate Banking, Financial Institution, and Transaction Banking CIMB Niaga Rusly Johannes mengatakan, saat ini layanan tersebut dapat digunakan oleh pekerja migran Indonesia yang bekerja di Malaysia, Thailand, Jepang, dan Australia.

“Dengan memanfaatkan Rekening Ponsel, PMI dapat lebih mudah mengirimkan dana kepada keluarganya di Indonesia, meskipun tidak memiliki rekening bank. Dalam hal ini, nomor ponsel berfungsi sebagai nomor rekening yang dapat menerima kiriman dana,” ujar Rusly melalui keterangan resminya, Selasa, (9/7).

Baca juga: Bayar Pengamen Kini Bisa Pakai Uang Elektronik, Gini Caranya

Rusly menjelaskan untuk pekerja migran Indonesia yang ingin memanfaatkan kemudahan remitansi melalui Rekening Ponsel dapat mendatangi agen-agen SpeedSend yang tersebar di sejumlah wilayah di masing-masing negara.

Adapun dana yang telah masuk ke Rekening Ponsel keluarga PMI di Indonesia dapat digunakan untuk melakukan beragam transaksi perbankan, termasuk tarik tunai melalui ATM CIMB Niaga dan jaringan ritel Alfamart serta Indomaret di seluruh Indonesia.

“Keluarga PMI juga bisa menjadikan Rekening Ponsel sebagai tabungan untuk menyimpan dana remitansi tanpa dikenakan biaya administrasi, sehingga dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan di masa depan seperti modal usaha,” kata Rusly.

Lebih lanjut Rusly menjelaskan, dengan mengirim dana melalui layanan remitansi nontunai, keamanan juga lebih terjamin karena ditujukan langsung ke Rekening Ponsel pribadi atau keluarga PMI yang dituju.

Rekening Ponsel merupakan produk CIMB Niaga yang memungkinkan nasabah melakukan transaksi perbankan hanya dengan menggunakan nomor ponsel.

“Nasabah maupun masyarakat yang belum menjadi nasabah CIMB Niaga bisa melakukan transfer dana gratis ke seluruh nomor ponsel di Indonesia, membeli pulsa ponsel prabayar, pembayaran tagihan, tarik tunai tanpa menggunakan kartu ATM, termasuk penerimaan dana remitansi bagi keluarga PMI di Tanah Air,” pungkasnya. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*