Apeksi 2019, Momentum Sinergitas 98 Pemerintah Kota

Ilustrasi | Foto: google
Mari berbagi

JoSS, SEMARANG – Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menyatakan, penyelenggaraan Rakernas Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) dapat menjadi momentum sinergitas pemerintah kota, dengan provinsi dan pemerintah pusat.

Melelui keterangan resminya, Tjahyo mengatakan Pemerintah Kota melalui Apeksi (Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia) harus terus mengawal dan mendukung pencapaian sisa sasaran pembangunan dalam RPJMN 2014-2019, agar terlaksana secara tuntas.

Menurut dia, APEKSI juga harus berperan aktif mendorong anggotanya yang tersebar pada 93 daerah kota otonom dan 5 kota administratif, untuk segera mengambil langkah-langkah penyesuaian terhadap Rancangan RPJMN 2020-2025.

“Sinergitas pemerintah kota melalui Apeksi ini, akan berdampak positif bilamana disinergikan dengan baik bersama pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten se Indonesia,” terang Tjahjo.

Dia menilai hal itu penting untuk penjabaran visi-misi Presiden dan Wapres Terpilih, ke dalam rancangan perubahan masing-masing RPJMD pemerintah kota, sehingga sinkronisasi pembangunan pusat-daerah berjalan dengan baik.

Dilanjutkan Tjahjo, Pemerintah Kota harus menjadi contoh tentang tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik dengan pendekatan digital, serta melahirkan administrasi pelayanan publik yang cepat, efisien serta mendukung investasi di wilayah perkotaan.

Dia mengakui Pemerintah Kota akan terus dihadapkan pada tantangan yang pastinya juga akan lebih besar di masa depan, diantaranya tingkat urbanisasi yang masih tetap tinggi, pembukaan lapangan kerja, penyediaan perumahan dan kebutuhan pokok yg layak, serta persoalan transportasi yg semakin kompleks.

“Konsekuensinya, pemerintah kota melalui Apeksi harus terus membangun kerjasama yang baik dengan pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten, agar kompleksitas permasalahan perkotaan yang terus berkembang, mampu ditangani secara sinergi,” papar Tjahjo.

Baca juga: 50 Hotel Berbintang di Semarang Penuh

Tjahjo juga berharap pelayanan masyarakat di kota semakin maksimal dengan inovasi yang terus ditingkatkan. Ia juga berharap rakernas APEKSI mampu menghadirkan terobosan untuk kemajuan bangsa.

“Bahwa usia kota lambat laun semakin Tua, tetapi Wajah Kota harus semakin Muda dan Tingkat pelayanan dan inovasi harus semakin Tinggi. Kota harus bisa mempertahankan identitas diri, jangan sampai Kota meninggalkan jati dirinya termasuk mempertahankan Kearifan Lokal. Semoga Rakernas ini bisa menghadirkan ide, gagasan dan terobosan yang akan berkontribusi terhadap implementasi Indonesia Maju Berdaulat di masa depan,” pungkasnya.

Senada Wali Kota Semarang, Hendrar Pribadi sebagai tuan rumah menuturkan jika Rakernas APEKSI 2019 akan mengangkat tema besar ‘Penguatan Alokasi Anggaran Pemda Untuk Mendukung Profesionalitas Aparatur dan Kemandirian Daerah”.

Pria yang akrab disapa Hendi itu menegaskan, melalui tema besar tersebut ada semangat peningkatan sinergitas yang dibawa, baik horisontal maupun vertikal, sehingga kota – kota yang di Indonesia dapat lebih berkembang, untuk mendukung Indonesia Maju.

“Sebagai satu kesatuan Indonesia, kolaborasi menjadi sangat penting, sehingga dalam Rakernas APEKSI saat ini semangat kebersamaan menjadi salah satu yang penting untuk ditonjolkan dalam berbagai kegiatannya,” pungkas Hendi. “Untuk itu pada rangkaian Rakernas ini kami sisipkan berbagai kegiatan seperti Pawai Budaya Semarang Night Carnival, City Tour, Ladies Program, dan seterusnya,” jelasnya. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*